BB Padi Kuningan Tempat Pengembangan Varietas Benih Padi Unggul untuk Kabupaten Kuningan

Editor: Redaksi author photo

(Jabarsatu.id), Kuningan - Padi merupakan salah satu tanaman bahan makanan pokok di Indonesia. Benih padi yang unggul adalah salah satu  faktor utama dalam menghasilkan beras yang unggul pula. 

Di Kabupaten Kuningan terdapat Instalasi Penelitian dan Pengkajian Teknologi Pertanian (IP2TP), yang merupakan kepanjangan tangan dari Balai Benih Padi yang bertugas untuk menyebarluaskan teknologi budidaya dan penyebarluasan informasi varietas unggul baru khususnya adalah padi.


Kepala pengelola BB Padi Kuningan, Didin Wahyudin, SP. Menyatakan bahwa "selama ini teknologi yang sudah dilepas BB Padi baik teknologi budidaya, teknologi hama penyakit dan teknologi benih sudah diaplikasikan dan diuji coba di BB Padi Kuningan terlebih dahulu. 
"Untuk penyebar luasannya kami bekerja sama dengan BPP (Balai Penyuluhan Pertanian) yang ada di Kuningan, biasanya kami yang ke BPP atau sebaliknya dari BPP yang kesini", ungkapnya. 

Ada sekitar 16 varietas yang baru dikeluarkan oleh Kementerian Pertanian dan kini (Juli 2020) sedang ditanam di lahan uji coba milik BB Padi Kuningan untuk mengantisipasi kecocokan tanam di wilayah Kabupaten Kuningan. "Saat ini ada 3 varietas unggul dan mayoritas ditanam oleh petani di Kabupaten Kuningan, yaitu; Inpari 32, Inpari 33 dan Inpari 43." Sambung kepala BB Padi Kuningan.


Kegiatan lain yang dilakukan oleh BB Padi Kuningan yaitu mengadakan temu lapang (desiminasi) untuk mengenalkan teknologi baru, baik teknologi budidaya, teknologi hama penyakit maupun teknologi penyebaran varietas padi baru. (Fadly Dz/Siti/Fedrian/Amujan)
Share:
Komentar

Berita Terkini