"Ciborelang Beunta" Lakon Wayang Golek

Editor: Redaksi author photo



(jabarsatu.id), Majalengka - Negara yang besar adalah negara yang menghormati dan melestarikan kebudayaannya itu sendiri.

Demikian yang terus di maksimalkan peranan nya dibawah pemerintahan Desa Ciborelang Kecamatan jatiwangi Kabupaten Majalengka.

Medal Kawangi karang taruna yang dimiliki Pemdes Ciborelang bekerja sama dengan Sanggar Seni Giri Mekar Raharja, menggelar seni wayang golek dengan lakon "Ciborelang Beunta".

"Talk show ciborelang beunta yang kita suguhkan dengan budaya lokal seni wayang golek malam ini (Jumat, 10/072020) di sanggar, bertujuan untuk membangun bersama-sama semua pemuda pemudi desa Ciborelang walaupun dengan kondisi pandemi seperti sekarang ini. Kalo bukan kita siapa lagi yang akan memajukannya". Ungkap Enan Hidayat selaku Ketua Karang Taruna.

"Banyak potensi yang ada di desa Ciborelang, terbukti dengan adanya beberapa komunitas anak muda yang telah mengharumkan desa kita. Salah satu nya yaitu komunitas MBC (Majalengka Betha Community) adalah komunitas ikan hias, masih banyak lagi komunitas yang ada di desa ciborelang". Lanjut Enan Hidayat.


Seni wayang golek persembahan Sanggar Seni Giri Mekar Raharja yang dipimpin sekaligus sebagai Dalang yaitu Bapak Asep Rodiana Sutisna merupakan asli putra daerah desa Ciborelang. "Alhamdulillah peranan pemdes sangat mendukung dalam mengembangkan seni wayang golek ini, saya ucapkan terima kasih kepada karang taruna dan bapak Abdul Toyib sebagai kepala Desa yang selalu mendukung kegiatan ini.

Kepala Desa Ciborelang Bapak Abdul Toyib melalui Bapak Jaja Tajudin selaku sesepuh insan seni berpesan "Kami selaku pihak pemdes dan sebagai orang tua dari semua pemuda yang ada di desa ciborelang, mendukung secara penuh selama kegiatan itu positif. Karena pada akhir nya akan terjadi keharmonisan antara warga dan pemdes. (Aris Raharjo)

Share:
Komentar

Berita Terkini