Dampak Covid-19 Bagi Apotek

Editor: Redaksi author photo

(jabarsatu.id), Kabupaten Cirebon - Kesehatan sangat dibutuhkan oleh setiap manusia terutama dimasa pandemi Covid-19, sehingga permintaan dan ketersediaan obatpun berpengaruh di apotek.

Saat mendatangi Apotek Anne  yang terletak di Jalan KH. Wahid Hasyim no. 60 Cipeujeuh Wetan Kabupaten Cirebon (Rabu, 29/07/2020) menemui Ibu Anne Yulianti, S.Si. Apoteker, sebagai apoteker dan sekaligus pemilik apotek, mengatakan, "pengaruh Covid-19 sudah pasti ada, karena sebagian sarana kesehatan seperti Rumah Sakit dan klinik dengan protokol kesehatannya sangat ketat, jadi kebanyakan pasien-pasien berobat secara mandiri (Swamedikasi) ke apotek atau berusaha mengobati dirinya sendiri".


"Waktu awal Covid-19 terjadi lonjakan penjualan, tapi dibarengi dengan kelangkaan barang, beberapa barang banyak dicari berupa vitamin, masker dan lain-lain. Dibarengi dengan kelangkaan barang, akhirnya melonjaknya harga-harga dari barang tersebut". Tambahnya. 

"Untuk saat ini dengan adanya dampak ekonomi, seperti PHK dan kenaikan-kenaikan harga, sehingga daya beli masyarakat menurun. Dan fokus masyarakat terbagi dengan keperluan lain, seperti membeli kebutuhan sekolah anak. Sehingga daya beli konsumen menurun dan skala prioritas berubah dari kesehatan ke pendidikan di bulan Juli. Setiap bulan Juli pasti ada penurunan penjualan terutama diobat-obatan". Ujarnya.


"diharapkan pasien lebih bijak dalam menggunakan obat, jangan percaya berita hoax mengenai pencegahan/pengobatan tertentu dalam hal ini kasus covid 19. Berkonsultasilah kepada dokter dan apoteker". Tuturnya.

"Setiap apotek memiliki apoteker yang berkompetensi di bidang obat obatan, pasien berhak mendapat informasi tentang jenis, kandungan, indikasi, efek samping, aturan pakai, cara penggunaan, cara penyimpan, dan interaksi obat dengan obat lainnya". Ibu Anne menambahkan.

Masih menurut penuturan Ibu Anne, "Pasien pun harus kooperatif, dalam menyampaikan riwayat penyakit dan pengobatan yang pernah dan sedang dikonsumsi. Sehingga pasien mendapat pengobatan yang tepat sesuai gejala penyakitnya, tanyakan dan percayakan obat anda pada apoteker pastinya".

"Harapannya semoga semua kembali seperti dulu, Covid-19 segera pergi. Supaya kualitas kesehatan masyarakatnya terjamin, daya beli juga naik dan semua sehat. Jangan lupa jaga kesehatan dengan protokol kesehatan dengan pakai masker, sering cuci tangan pake hand sanitiser, jaga jarak, pakai sarung tangan selama di luar rumah". Pungkasnya. (Dul)
Share:
Komentar

Berita Terkini