(jabarsatu.id),
Manado - Lion
Air (kode penerbangan JT), Wings Air (kode penerbangan IW), Batik Air (kode penerbangan
ID) member of Lion
Air Group mulai menyediakan
fasilitas layanan pelaksanaan uji kesehatan skrining awal dan cepat (Rapid
Test Corona Virus Disease 2019
(Covid-19)) efektif Selasa (14/ 07) khususnya di Manado, Sulawesi Utara.
Lion Air Group menjalankan dengan
kerjasama Dinas Kesehatan Kota Manado dalam mengakomodir pelaksanaan Rapid
Test Covid-19. Penumpang dapat melakukan uji kesehatan Rapid
Covid-19 di:
Lion Plaza
Jalan Piere Tendean No.19, Kota Manado, Sulawesi Utara 95114
Waktu pelayanan:
· Senin – Jumat pukul
13.00 – 17.00 WITA
· Sabtu pukul 13.00 –
15.00 WITA
· Minggu dan libur
nasional – tutup (tidak melayani).
Sinergitas tersebut telah menandai
layanan Rapid Test Covid-19 pertama oleh Lion Air Group di
area Manado, salah satu kota penghubung Lion Air Group di Indonesia bagian
Utara. Optimis, di waktu mendatang akan dapat diperluas lagi.
Ketentuan pelaksanaan Rapid Test
Covid-19, sebagai berikut:
1. Khusus penumpang yang
mempunyai tiket pada penerbangan Lion Air Group,
2. Voucher Rapid Test
Covid-19 dapat diperoleh secara langsung pada saat melakukan pembelian
tiket (issued ticket),
3. Bagi penumpang yang
sudah memiliki tiket pesawat Lion Air Group dan belum melaksanakan Rapid
Test Covid-19, maka dapat membeli voucher Rapid Test Covid-19 dengan
menunjukkan kode pemesanan (booking code) melalui sales
channel seperti call center, kantor penjualan Lion
Air Group, www.lionair.co.id , www.batikair.com ,
agen perjalanan (tour and travel) dan lainnya.
Penyelenggaraan Rapid Test
Covid-19 sesuai apa yang telah dijalankan oleh Lion Air Group,
terjangkau dengan masa berlaku selama 14 hari. Setiap penumpang akan
mendapatkan surat keterangan hasil uji kesehatan Rapid sebagai
salah satu kelengkapan dokumen penerbangan sesuai ketentuan.
Penumpang akan mendapatkan nilai lebih,
efektif dan efisien dengan kehadiran tempat atau lokasi layanan kerjasama Lion
Air Group untuk Rapid Test Covid-19 di Kota Manado yang
diharapkan mampu menjangkau wilayah sekitar. Pelaksanaan ini tetap berjalan
sebagaimana ketentuan protokol kesehatan.
Lion Air Group bersama Dinas Kesehatan
Kota Manado menawarkan kemudahan bagi penumpang dalam mempersiapkan dan melengkapi
persyaratan dokumen perjalanan udara, yang akan bepergian menggunakan pesawat
udara dengan keberangkatan dari Bandar Udara Internasional Sam Ratulangi di
Mapanget (MDC) dan bandar udara lain di sekitar.
Melalui bandar udara tersebut, Lion Air
Group menawarkan pilihan rute penerbangan secara langsung dan terhubung (connecting
flight) ke beberapa kota tujuan, mencakup Jakarta – Bandar Udara
Internasional Soekarno-Hatta di Tangerang, Balikpapan, Denpasar, Gorontalo,
Palu, Luwuk, Makassar, Kendari, Melonguane, Miangas, Tahuna, Ternate, Morotai,
Ambon, Labuha, Buli, Sorong, Surabaya, Yogyakarta, Semarang dan destinasi
lainnya.
Harapan terbesar kegiatan dimaksud akan
mendorong percepatan pemulihan ekonomi melalui perjalanan udara, mendorong tren
permintaan penerbangan sejalan dengan kesungguhan Lion Air Group dalam
mengoperasikan layanan yang tetap mengutamakan dan memenuhi unsur-unsur
keselamatan, keamanan penerbangan.
Pengembangan ini merupakan kelanjutan
kerjasama dengan Dinas Kesehatan, Klinik Lion Air Medika, Dompet Dhuafa
Republika dan fasilitas kesehatan setempat. Layanan Rapid Test Covid-19,
saat ini tersedia di jaringan lebih dari 15 lokasi di Jakarta, Bandung, Medan,
Padang, Pekanbaru, Makassar, Kendari, Kupang, Solo dan Batam.
Layanan Rapid Test Covid-19 akan
terus dilanjutkan dan dikembangkan di kota-kota lain. Optimis, akan terus
menjangkau di seluruh wilayah Indonesia.
Pembelian tiket (issued
ticket) dan informasi perjalanan udara dapat diperoleh melalui:
1. Kantor Pusat dan
Kantor Cabang Penjualan Tiket (Ticketing Town Office) Lion Air
Group di seluruh kota di Indonesia;
3. Aplikasi
perangkat smartphone (mobile apps) Lion Air dan Batik Air
(pembelian tiket Wings Air juga bisa melalui website dan aplikasi tersebut);
4. Call center 021-6379 8000 dan
0804-177-8899;
5. Mitra agen perjalanan (tour
travel) dan online travel agent (OTA).
Lion Air Group menyediakan
fasilitas Rapid Test Covid-19 berdasarkan rekomendasi yang
diberikan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 dan Surat Menteri
Perhubungan, Kementerian Perhubungan RI Nomor AJ.001/1/12 PHB 2020 tentang
Peningkatan Pelayanan Perjalanan Orang.
Lion Air Group tetap menerapkan semua ketentuan penerbangan yang berlaku selama masa
waspada pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19). Hal
ini sesuai rekomendasi aturan dari regulator serta komitmen Lion Air Group
dalam beroperasi yang tetap mengedepankan faktor keselamatan, keamanan dan
kenyamanan penerbangan (safety first).