Wisata Cibulan

Editor: Redaksi author photo

(jabarsatu.id), Kuningan - Mungkin sudah tidak asing lagi dengan objek wisata yang satu ini. Objek wisata Cibulan yang terletak di Desa Manis Kidul Kecamatan Jalaksana Kabupaten Kuningan ini merupakan aset desa yang diswakelola oleh manajemen pengelola dengan mempercayakan H. Didi Sutardi sebagai kepala pengelola objek wisata Cibulan.


Objek wisata Cibulan memiliki hal khusus yang dijadikan keunggulannya yaitu berenang dengan ikan Kancra Bodas (Labeobarbus Dournesis) atau yang lebih terkenal dengan nama ikan dewa.

Selain itu juga, anda bisa mengangkat dan dicium oleh ikan dewa tersebut. Keunikan lain dari ikan dewa yaitu bila diberi makan kacang tanah, ia hanya akan memakan biji kacangnya saja sedangkan kulitnya akan dikeluarkan lagi dari mulutnya.


Ikan dewa ini juga memiliki makanan favorit yaitu buah apel merah, “ada jadwal khusus untuk pemberian apel merah ini yaitu setiap malam jumat, tetapi hari lain juga sering diberikan, sekali makan bisa menghabiskan 5-10 kg.” ungkap H. Didi Sutardi. 

Kemudian ada juga situs sumur 7 (situs religi) dimana masing-masing sumur memiliki nama dengan arti yang baik. Perluasan wilayah yang dilakukan pengelola juga semakin melengkapi fasilitas yang ditawarkan. Lahan parkir yang diperluas membuat daya tampung kendaraan pengunjung semakin banyak. Ujar H. Didi Sutardi.

Dibangunnya musholla di dalam area objek wisata juga mempermudah pengunjung yang ingin melakukan ibadah. 

Adanya kolam terapi ikan juga membuat daya tarik tambahan.

Selain fasilitas tersebut, ada juga penambahan wahana baru, seperti flying fox, sepeda gantung dan sepeda air.

Wisata kuliner juga menjadi terobosan yang dilakukan pihak pengelola dengan membuat Saung Lesehan Cibulan yang menawarkan berbagai macam menu yang menggugah selera, apalagi bagi pengunjung yang merasa lapar sehabis berenang.

Disamping fasilitas tambahan yang semakin banyak, objek wisata cibulan juga masih memiliki kekurangan yaitu penginapan berupa hotel. Tetapi sudah ada beberapa rumah warga yang disewakan untuk pengunjung menginap di kawasan objek wisata Cibulan. “Saya berharap kedepan di Cibulan itu ada hotelnya, karena itu untuk memfasilitasi pengunjung yang berasal dari luar kota atau provinsi.” Harap H. Didi Sutardi, “mudah-mudahan pemerintah kabupaten, provinsi ataupun kementrian pariwisata bisa memberikan fasilitas hotel disini.” Tambahnya. (Fadly Dz, Siti, Amujan, Julaiha, Edi)
Share:
Komentar

Berita Terkini