KAI Layani Keberangkatan Jarak Jauh

Editor: Redaksi author photo


(jabarsatu.id), Cirebon - Mulai 10 Juli 2020, Kereta Api Indonesia (KAI) menambah tiga perjalanan kereta api (KA) Jarak Jauh untuk melayani masyarakat pulang-pergi dari dan ke Jakarta.
Adapun ketiga KA tersebut adalah KA Bima (Gambir-Malang PP), KA Sembrani (Gambir-Surabaya Pasar Turi PP), dan KA Kertajaya (Pasar senen-Surabaya Pasar Turi PP). Khusus KA Kertajaya, KA tersebut sudah beroperasi sejak 3 Juli 2020 lalu.
Manajer Humas PT KAI Daop 3 Cirebon, Luqman Arif mengungkapkan, pada tahap awal ketiga KA tersebut baru akan dioperasikan pada hari Jumat, Sabtu, dan Minggu. Hal tersebut dikarenakan minat masyarakat untuk bepergian dengan KA jarak jauh lebih tinggi pada akhir pekan. Perjalanan KA tersebut akan terus dievaluasi pengoperasiannya, menyesuaikan dengan perkembangan di lapangan.
“KAI menambah layanan KA Jarak Jauh Komersial kelas Luxury, Eksekutif, Ekonomi untuk memenuhi kebutuhan transportasi masyarakat dengan tetap menerapkan protokol kesehatan new normal yang ketat,” ujarnya.
Luqman menjelaskan, jadwal KA Bima relasi Malang-Gambir berangkat pukul 14.25, Stasiun Cirebon pukul 02.40 dan tiba di Gambir pukul 05.40. Sedangkan KA Bima relasi Gambir-Malang berangkat 16.40, Stasiun Cirebon 19.49 dan tiba di Malang 08.27.
Kemudian KA Sembrani relasi Surabaya Pasar Turi-Gambir berangkat 17.30, Stasiun Cirebon 00.57 dan tiba di Gambir 04.00. Berikutnya KA Sembrani relasi Gambir–Surabaya Pasar Turi berangkat 19.00, Stasiun Cirebon 22.05 dan tiba di Surabaya Pasar Turi 05.15.
“Jadwal KA Kertajaya relasi Surabaya Pasar Turi-Pasar Senen, berangkat dari 21.05, Stasiun Cirebon Prujakan 05.20 dan tiba di Stasiun Pasarsenen 08.36. Kemudian KA Kertajaya relasi Pasar Senen-Surabaya Pasar Turi berangkat 14.10, Stasiun Cirebon Prujakan 17.26 dan tiba di Stasiun Pasar Turi 01.24,” jelasnya.
Untuk melihat jadwal keberangkatan dari stasiun antara, Luqman menuturkan, masyarakat dapat mengakses aplikasi KAI Access. Tiket dapat dipesan melalui KAI Access, web KAI, dan seluruh channel penjualan resmi KAI lainnya mulai H-7 keberangkatan.
“KAI mengimbau masyarakat untuk melakukan pemesanan di KAI Access agar mendapatkan kemudahan ekstra seperti fitur e-boarding pass, reduksi online, reschedule online, dan cancellation online,” tuturnya.
Diungkapkan Luqman, seluruh KA yang dioperasikan tarifnya tetap dan tidak mengalami kenaikan. Di mana untuk KA Komersial tarifnya sesuai dengan rentang Tarif Batas Bawah dan Tarif Batas Atas yang telah ditentukan.
“KAI juga menambahkan Kereta Luxury pada rangkaian KA Sembrani untuk memberikan kenyamanan ekstra kepada para pelanggan kereta api selama dalam perjalanan,” ungkapkan.
Luqman menambahkan, per tanggal 10 Juli KAI menjalankan 47 KA Jarak Jauh dan 114 KA Lokal atau total 161 perjalanan KA.
“Jumlah tersebut meningkat 40% dibanding saat pengoperasian kembali KA Reguler pada tanggal 12 Juni sebanyak 115 KA. Dengan semangat baru BUMN, KAI secara adaptif menyesuaikan layanan kereta api di tengah pandemi Covid-19. Hal ini menunjukkan komitmen KAI untuk tetap memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat melalui roda transportasi kereta api,” pungkasnya. (Andri)

Share:
Komentar

Berita Terkini