Ketahanan Pangan Warga

Editor: Redaksi author photo

(jabarsatu.id), Cirebon - Penghijauan dilingkungan rumah, sangat dianjurkan untuk menambah keasrian.

Menurut Bapak H. Rahmadanus selaku Ketua RW. 02 Griya Nusantara, Argasunya, Kecamatan Harjamukti, Cirebon mengatakan, "kita diarahkan oleh DP2KP untuk menunjang visi misi Walikota tentang Cirebon Hijau Lestari, maka dibentuk KPLH Nusantara dan dibantu dinas P2KP berupa bibit, humus dan pupuk dan ingin melestarikan lingkungan menjadi tanaman-tanaman yang bermanfaat untuk warga".


"Sementara difokuskan pada lingkungan Bapermas sesuai misi visi Walikota agar halaman-halaman rumah itu nantinya bisa bermanfaat dengan tanaman-tanaman yang bisa dikonsunsi masyarakat untuk menguatkan ketahanan pangan". Dia menambahkan.

Masih menurut Bapak H. Rahmadanus, "Dalam jangka panjang kita ingin nantinya bisa menjadi penghasilan bagi warga. Tapi sementara ini untuk merangsang minat warga panen nantinya akan dibagikan. Kedepannya mungkin akan mengarah komersil dan bermanfaat untuk warga".

Bapak H. Rahmadanus berucap, "Yang ditanam saat ini ada sayur-sayuran berupa kangkung, popcay, selada, sawi, terong dan cabe. Semuanya mendapat bantuan dari Dinas Pertanian, dan tanaman kerasnya berupa pohon kelengkeng".

Menurut Bapak H. Rahmadanus, "Program ini sudah awal maret lalu, tapi karena ada pandemi Covid-19 sehingga tidak bisa melakukan tatap muka dengan warga. Jadi agak terlambat mulainya dan saat ini baru dimulai kembali program tersebut".

"Harapannya kita dapat mewujudkan visi misi Walikota sehingga ketahanan pangan masyarakat ini bisa dilakukan secara swadaya walaupun tidak 100% tapi dapat mengurangi beban masyarakat dengan menyediakan sayur mayur untuk dikonsumsi sendiri", Ujarnya. (Dul)
Share:
Komentar

Berita Terkini