Komoditas Unggulan di Desa Karangmangu

Editor: Redaksi author photo

(jabarsatu.id), Karangmangu - Bercocok tanam merupakan hal yang menyenangkan, apalagi dari bercocok tanam itu bisa menghasilkan rupiah.

Seperti yang dilakukan oleh Ibu Rohmah warga Desa Karangmangu Kramat Mulya (Rabu, 22/7/20) yang sudah bekerja dibidang pertanian selama 12 tahun, mengatakan "komoditas unggulan di Desa Karangmangu berupa pangan. Diantaranya padi, ubi jalar, bawang merah dan jamur tiram".


Ibu Rohmah menambahkan, "Pupuk yang digunakan yaitu pupuk kimia, diantaranya urea, ponska, npk, sebagian menggunakan pupuk organik dan pupuk kandang. Pupuk diberikan secara seimbang dan sesuai dosis yang disarankan, agar tanaman bisa tumbuh dengan subur. kesuburan tanamanpun bisa di pengaruhi juga oleh faktor tanah. Dari hasil bercocok tanam tersebut bisa di konsumsi sendiri, maupun di jual ke pedagang pengepul.


"Biaya produksi dari padi perhektar yaitu sekitar Rp. 5 juta, untuk bawang merah sekitar Rp. 70 juta perhektar, untuk ubi jalar sekitar Rp. 5 juta perhektar, dan untuk jamur tiram yaitu Rp. 4.2 juta untuk 1000 baglog. Pertahunnya tanaman meningkat sebanyak 2%". Pungkasnya. (Siti Muthoharoh)
Share:
Komentar

Berita Terkini