Panen Padi Dengan Kekuatan Tangan

Editor: Redaksi author photo


(jabarsatu.id), Kuningan –Tanaman padi terhampar di sepanjang jalan di Desa Kramat Mulya Kec. Jalaksana, tampak dua orang yang sedang melakukan kegiatan memanen padi.
Saat kami menghampirinya (Selasa, 21/07/2020) kedua orang tersebut bernama Bapak Engkus dan Bapak Heri, yang diantaranya mengatakan “ini sawah milik pak Kadus Kramat Mulya luasnya 80 bata (1 bata ± 3,75 m), dikelola kepada seseorang dan kami yang mengerjakannya. Dalam satu tahun bisa panen sampai 3 kali, untuk sawah seluas 80 bata ini jika panen selesai dalam waktu 3 hari dengan 4 orang pekerja dihari pertama dan 2 orang hari berikutnya”.

Dengan alat yang masih sederhana menggunakan kayu bambu yang di rakit seperti pagar mereka mengeprak-ngeprak padi agar terlepas dari tangkainya.

Pak Heri dan pa Engkus tinggal tidak jauh dari area sawah tersebut, dengan berjalan kaki 5 menit pun sampai ke sawah yang akan di garapnya.


“Panen padi hari ini mendapatkan 5 kwintal gabah kering, yang jika di giling per karung seberat 60 kg bisa menghasilkan beras 40-50 kg dengan bayaran per hari 50.000 untuk panen ini mereka di berikan juga makan dan minum dari pemilik sawah tersebut semua di kerjakan dengan semangat”. Ucap bapak Engkus.

Selain bertani pak Engkus mencari rumput untuk pakan hewan kambing peliharaannya, selain ternak kambing Pak Engkus bekerja serabutan jika ada.

Mereka berharap pada pihak terkait agar dapat membina lebih baik lagi apalagi di masa pandemi covid -19 ini. (teh Enok)

Share:
Komentar

Berita Terkini