Pemkab Cirebon Memperbolehkan Aktivitas Seni Berjalan Kembali.

Editor: Redaksi author photo

(jabarsatu.id), Cirebon - Tembang-tembang energik dengan iringan musik yang menghentak mewarnai aksi damai Aliansi Seniman Cirebon (ASC), Jumat (10/7/2020). Peristiwa ini nampaknya baru pertama terjadi di Kabupaten Cirebon dan mengguncang pusat pemerintahan setempat, tepatnya di depan Kantor Bupati Cirebon.

Dentuman sound system berkapasitas lebih dari 20 ribu watt menggelegar selama berlangsungnya aksi. Pengeras suara tersebut mereka bawa menggunakan puluhan mobil bak terbuka. Dalam aksi itu mereka menuntut Pemkab Cirebon mengizinkan kembali adanya hiburan saat berlangsungnya hajatan atau panggung hiburan di Kabupaten Cirebon.

Tak berselang lama, lima orang perwakilan ASC diterima oleh Asda I Bidang Pemerintahan dan Ekonomi Setda Kabupaten Cirebon, Hilmi Rivai, Kadisbudparpora H Hartono, dan Ketua DPRD Kabupaten Cirebon H Muhammad Luthfi, untuk berdialog. Hasilnya, mulai hari ini, Jumat (10/7/2020), Pemkab Cirebon telah memperbolehkan aktivitas seni berjalan kembali.

“Ini surprise, pertama kali terjadi di Kabupaten Cirebon aksi demo menggunakan sound system 20 ribu watt lebih. Tapi yang pasti, semangat Pemkab Cirebon sebenarnya ingin agar aktivitas masyarakat bisa berjalan lagi,” ujar Luthfi saat menyampaikan hasil dialog di hadapan ratusan demonstran.

Namun, lanjut dia, Pemkab Cirebon ingin berjalannya aktivitas seni tetap menggunakan protokol kesehatan. Hal itu bertujuan agar kasus Covid-19 di Kabupaten Cirebon tidak bertambah lagi.

“Kalau nambah (kasus Covid-19) lagi, aktivitas seni ditutup lagi, berat lagi. Makanya tetap jaga jarak, kan enggak berat yang penting ekonominya muter,” ujar Luthfi.

Sementara, Asda I Bidang Pemerintahan dan Ekonomi, Hilmi Rivai menyampaikan, kebijakan Pemkab membuka kembali aktivitas seni ini agar didukung oleh para pelaku seni. Yaitu, dalam menjalankan aktivitasnya, mereka harus tetap menerapkan protokol kesehatan.

“Pak Bupati sudah menyampaikan kepada saya, bahwa mulai hari ini (Jumat, 10/7/2020), aktivitas seni sudah diperbolehkan berjalan,” ungkapnya.

Hal senada disampaikan Kadisbuparpora Kabupaten Cirebon, H Hartono. Bahkan, pihaknya memberi jaminan bahwa proses permohonan izin hiburan tidak akan ada pihak-pihak yang mempersulit.

“Jika ada hal-hal yang menyulitkan, ada yang mempersulit, silahkan laporkan langsung ke saya atau Kabid Kebudayaan Disbudparpora. Mari berekspresi untuk kesejahteraan masyarakat Kabupaten Cirebon,” tegas Hartono disambut teriakan dan sorak sorai para seniman.

Di tempat yang sama, Koordinator aksi ASC, Sugiono menyambut gembira kebijakan yang dikeluarkan Pemkab Cirebon. Luapan kegembiraan itu diluapkan dengan meneriakan takbir yang kemudian diikuti oleh ratusan peserta aksi lainnya. “Terima kasih kepada Pak Bupati, Ketua DPRD, Kadisbudparpora. Teman-teman, mulai hari ini kita sudah diperbolehkan beraktivitas, hiburan sudah dibuka", tandas Sugiono. (Andri)
Share:
Komentar

Berita Terkini