Penjual Keliling Tahu Gejrot Dan Krupuk Sambal Khas Cirebon

Editor: Redaksi author photo

(jabarsatu.id), Kuningan - Tahu gejrot adalah salah satu makanan khas Cirebon yang banyak ditemui di mana- mana. Selain tahu gejrot ada makanan lain yang juga sudah dikenal banyak orang di luar wilayah Cirebon yaitu krupuk melarat.

Krupuk melarat ini memiliki keunikan dalam menggoreng, karena tidak menggunakan minyak goreng pada umumnya tapi menggunakan pasir hitam pilihan yang sudah diayak dan dibersihkan dari segala kotoran.

Biasanya krupuk melarat ini paling enak dimakan dengan sambal kacang/sambal oncom/sambal asem. Seperti tim media jabarsatu.id temui (Rabu, 15.07.2020), seorang pedagang keliling yang bernama Ibu Sarmiti yang berdagang tahu gejrot dan krupuk sambal, beliau sudah puluhan tahun berdagang keliling di seputaran wilayah desa Timbang Kuningan. 

Tahu gejrotnya yang enak menjadi daya tarik sendiri untuk para konsumennya, hingga tahu gejrotnya mendapat julukan Ayu Tahu Gejrot. Beliau bercerita kepada tim media bahwa dengan bermodalkan Rp 150.000,- beliau berdagang tahu gejrot dan krupuk sambal.

Beliau berangkat menggunakan kendaraan umum, dan melanjutkan berjalan kaki menjajakan dagangannya hingga ke desa Timbang, Kuningan. dengan harapan dapat membantu anak dan menantunya dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Kebetulan, Ibu Sarmiti tinggal serumah dengan anak dan menantunya. Karena melihat perjuangan ibunya, anak dan menantu Ibu Sarmiti sering melarang untuk berjualan keliling lagi. Tapi karena niat membantu dan tidak ingin menjadi beban anak dan menantunya maka Ibu Sarmiti bersikeras untuk tetap berjualan. 

Dari tahu gejrot dan krupuk sambal setidaknya bisa membantu perekonomian keluarga. Ujarnya. (Teh Nok)
Share:
Komentar

Berita Terkini