Perpustakaan Kandang Macan

Editor: Redaksi author photo

(Jabarsatu.id), Kuningan - Dimulai dari keresahan dan kegelisahan, sekelompok anak muda ini mendirikan perpustakaan jalanan     (Perjal), perpustakaan ini bernama Kandang Macan, dalam artian Kandang adalah tempat, Maca adalah baca dan N nya yaitu naon bae lah. Mereka mengambil kata tersebut dari bahasa sunda, yang jika disatukan yaitu "Tempat Baca Apa Saja". 

Mereka berniat untuk tetap melestarikan budaya membaca melalui buku, karena menurut mereka membaca merupakan hal yang sangat penting untuk menambah ilmu pengetahuan atau wawasan.

Oleh karna itu mereka mendirikan perpustakaan kandang macan ini, untuk tetap melestarikan budaya membaca melalui buku.

Lokasi perpustakaan yang satu ini bertempat di dua daerah yaitu, Linggarjati tepatnya di Open Space Gallery buka pada hari Minggu tepatnya pukul 06.30 - 09.00 pagi.


Dan di Taman Cilimus, buka pada hari Sabtu tepatnya pukul 16.00 - 22.00 malam, sampai pengunjung mulai sepi.

Tidak ada pemungutan biaya untuk membaca di perpustakaan ini, karena menurut mereka, ilmu bisa dibagi secara gratis asalkan kita niat dan usaha.

Menurut Fahmi Naufal selaku pengunjung di Perpustakaan Kandang Macan (Minggu, 26/07/20) mengatakan, "dengan didirikannya perpustakaan jalanan ini, kita sebagai masyarakat dapat mengisi waktu luang dengan hal yang positif apalagi bersifat manambah wawasan. Tak jarang anak muda jaman sekarang banyak yang mengabaikan budaya membaca dengan buku, karena menurut mereka buku itu sudah termasuk kuno di era zaman sekarang. Maka dari itu, kita harus tetap melestarikan budaya membaca dengan buku ini“.

Banyak genre buku yang bisa dibaca oleh semua kalangan, termasuk tentang pelajaran, agama, tokoh, biography, kartun dan lain – lain. Tidak hanya membaca, perpustakaan ini juga mengadakan tempat untuk belajar berkarya termasuk menggambar, mewarnai dan menulis puisi.

“Saya berharap dengan adanya perpustakaan kandang macan ini, minat baca semua orang termasuk di daerah Kuningan bisa bertambah, terutama pada generasi muda sekarang", ujar Adrian selaku ketua perpustakaan Kandang Macan.

"Bagi anda yang ingin mendonasikan buku atau semacam alat fasilitas belajar lainnya, bisa datang ke tempat lokasi perpustakaan Kandang Macan tersebut, atau bisa mengubungi langsung Adrian di nomor 081572460801". Pungkasnya. (Ozi)
Share:
Komentar

Berita Terkini