Tradisi Mudik

Editor: Redaksi author photo

(Jabarsatu.id),  Kuningan - Mudik (disinonimkan dengan istilah pulang kampung) adalah kegiatan perantau/pekerja migran yang bekerja diluar daerahnya untuk pulang ke kampung halaman nya.

Mudik di Indonesia identik dengan tradisi tahunan, yang terjadi menjelang hari raya keagamaan misalnya menjelang lebaran.

Menurut salah satu pemudik, Nayya (35) mengatakan, "Mudik adalah merupakan keharusan yang dilakukan saya setiap lebaran, karena pada saat itulah ada kesempatan untuk berkumpul dengan sanak saudara yang tersebar di perantauan. Selain tentunya juga sowan dengan orang tua".

Menurut Jami (45) mengatakan, "Mudik adalah kegiatan tahunan, dan saya kalau mudik lebih nyaman dengan jalan darat. Karena dijalan darat kita bisa melewati beberapa daerah yang mempunyai berbagai macam makanan khas".

Selain di Indonesia tradisi mudik muncul di beberapa negara berkembang, dengan mayoritas penduduk muslim. seperti Malaysia, Brunaidarusalam, Banglades dan lainnya.

"Semoga mudik menjadi kegiatan yang  bermanfaat bagi setiap negara muslim, untuk mempererat kebersamaan dan kesatuan sebagai warga negara". (Nana)
Share:
Komentar

Berita Terkini