Bantuan Benih Padi Huma

Editor: Redaksi author photo

(Jabarsatu.id), Subang - Indonesia, sangat terkenal dengan keragaman budaya dan adat istiadatnya. Budaya yang dapat dilihat dari beragamnya cara bercocok tanam yang dimiliki oleh masyarakat Indonesia itu sendiri.

Salah satu contohnya adalah cara bercocok tanam padi yang sudah sangat jarang di lakukan oleh kebanyakan masyarakat di tanah air, yaitu bercocok tanam padi dengan tanpa menggunakan air atau sistem pengairannya menggunakan sistem tadah hujan yang lebih dikenal masyarakat suku sunda dengan istilah "Huma" atau "Ngahuma".

Huma adalah sistem bercocok tanam padi tanpa menggunakan air, tidak seperti sawah yang menitik beratkan air sebagai unsur terpenting dalam budidaya tanaman tersebut. Namun cara tesebut kini sudah sangat langka digunakan oleh para petani kita yang lebih mengutamakan sistem sawah.

untuk itulah kita sebagai generasi penerus, patut melestarikan budaya tersebut.

Seperti halnya yang dilakukan oleh Ketua LSM Laskar NKRI Korcam Sagalaherang, Kang Muhtar yang memberikan bantuan berupa benih padi darat (Huma) kepada Ketua Lembaga adat Waringin Putra yang sekaligus kepala Desa Margasari, Bapak Ali Warsa, SE. Di tempat kediamannya Desa Margasari Kecamatan Dawuan Kabupaten Subang (Kamis, 27/08/2020).

Penyerahan tersebut sebagai simbol dukungan Kang Muhtar kepada Bapak Ali Warsa, yang sangat ingin dan bertekad untuk melestarikan kembali budaya leluhur sunda yang hampir pudar terkikis oleh arus globalisasi yang semakin menjadi jadi.

"Dengan adanya bibit padi huma ini, insyaallah saya akan berusaha untuk melestarikan dan memperkenalkan kepada masyarakat. Khususnya masyarakat Desa Margasari akan ragamnya budaya kita yang patut kita jaga dan kita syukuri", ujar Bapak Ali.

"selain itu juga untuk menumbuhkan rasa cinta masyarakat terhadap budaya kita, selaku masyarakat suku sunda yang sangat dikenal akan sifat gotong royong dan menjunjung tinggi nilai nilai kekeluargaan. Serta semangat kerja keras yang melekat pada diri orang sunda." tuturnya.

"Selain daripada itu dengan adanya benih padi huma ini, semoga dapat menyokong ketahanan pangan nasional. terima kasih Kang Muhtar sukses terus dan semoga kedepannya benih ini tumbuh dengan baik dan banyak manfaatnya bagi masyarakat khususnya masyarakat Desa Margasari". Pungkasnya. (Kang Muhtar)
Share:
Komentar

Berita Terkini