BUMDES Desa Sindang Kempeng, Kelola Kebun Pisang Seluas 5 Hektare

Editor: Redaksi author photo

(Jabarsatu), Kabupaten Cirebon - Dalam kunjungan kerjanya di Kecamatan Greged Kabupaten Cirebon, Bupati Cirebon Imron Rosyadi dibuat bangga dengan perkembangan salah satu Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) di Kecamatan tersebut.

Karena Desa Sindang Kempeng Kecamatan Greged Kabupaten Cirebon, berhasil mengelola kebun pisang dengan luas sekitar lima hektare. Dalam kunjungannya tersebut, bupati juga terlibat langsung dalam memanen pisang.

"Tadi saya ikut panen pisang. Kebunnya cukup luas, 5 hektare," kata Imron, Rabu 19 Agustus 2020.

Imron menilai, desa-desa lainnya yang ada di Kabupaten Cirebon, bisa meniru langkah-langkah yang dilakukan oleh Desa Sindang Kempeng. Karena dengan adanya Bumdes yang baik, maka perekonomian di desa juga akan terangkat.

Untuk memuliainya, Imron meminta kepada setiap desa, untuk terlebih dahulu mengenal potensi yang dimiliki diwilayahnya. Sehingga nantinya, langkah yang dilakukan akan tepat.

"Desa lain bisa mencontoh Bumdes ini, bisa mengelola kebun pisang seluas 5 hektare dengan jumlah 3.800 pohon pisang," kata Imron.

Imron juga mengatakan, kunjungan kerjanya ke Kecamatan Greged, sama saja dengan kunjungan ke kecamatan lainnya. Selain untuk menjelaskan program-program yang sedang dilakukan oleh pemerintah daerah, pihaknya juga sekaligus menyerap aspirasi dari masyarakat.

Ia juga mengungkapkan, pihaknya sangat siap untuk membantu desa-desa dalam mengembangkan potensinya. Namun untuk memberikan dukungan tersebut, tentunya juga harus diketahui terlebih dahulu, dukungan apa yang dibutuhkan.

"Misalkan di desa ini, tadikan sudah dilihat potensinya. Nanti kita kaji dulu, apa dukungan yang layak diberikan," pungkas Imron. (Fathan Zhafar)
Share:
Komentar

Berita Terkini