Delman Yang Tidak Beroperasi Lagi

Editor: Redaksi author photo

(Jabarsatu.id), Kuningan - Delman selain unik, juga merupakan kendaraan turun temurun sejak dulu kala. Di kota Kuningan masih banyak delman yang di jadikan kendaraan untuk keliling di taman kota Kuningan, lapangan Randu Kel. Cijoho Kab. Kuningan.

Saat kami menghampiri mang Asep seorang kusir delman yang sedang membawa kudanya untuk mencari rumput di lapangan tersebut (Minggu, 16/08/2020) pukul 13.30 mengatakan, "Saya sedang mengajak main keponakan saya yang datang dari kota bekasi, mereka ingin berkuda seperti di televisi. Saya ajaklah ke lapangan ini, sambil mencari rumput untuk kuda tersebut".

"Blekk sebutan untuk kuda tersebut, kesehari-harian saya sebagai kusir delman di kota Kuningan di waktu sore hingga pukul 9 malam. Untuk
mengurus kuda bukanlah hal yang mudah, tapi membutuhkan kecekatan, kesabaran dan juga kasih sayang seperti layaknya manusia". tuturnya.

"Sejak lulus SD sudah mengenal dan mengerti tentang bagaimana menangani kuda, mulai dari merawat, memberi makan, minum, memandikan juga jamunya". Ucapnya.

Masih menurutnya, "menjadi kusir delman, memerlukan kekuatan dan kesabaran yg benar-benar datang dari hati sanubari kita".

Penghasilan yang tak seberapa kadang membuat mang Asep gelisah, "semenjak ada wabah ini, terpaksa saya istirahatkan dulu delman beserta kudanya di kandang". Ujarnya lirih.

"Sedangkan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, mang Asep dan ibunya juga bekerja serabutan untuk memberi makan si blekk (kuda)". Imbuhnya.

"Di jaman yang modern ini untuk lulusan SD seperti saya, apa yang bisa diharapkan untuk mencari pekerjaan. Saya harus tetap mempertahankan pekerjaan saya demi masa depan, dan harapan saya selain selalu diberikan kesehatan juga Rizki yg berkah serta cepat juga berakhirnya wabah ini agar cepat pulih seperti dulu lagi". Pungkasnya. (Teh Nok)
Share:
Komentar

Berita Terkini