DPK GMNI FITK Cabang Cirebon Tularkan Semangat Pancasila Kepada Generasi Muda

Editor: Redaksi author photo

(Jabarsatu.id), Cirebon - Indonesia, merupakan bangsa yang kaya akan budaya dan sumber daya alamnya. Sebuah tanah yang subur oleh begitu banyaknya tumbuhan, yang melahirkan begitu banyak warna bentuk dan keimanan di dalamnya.

Tidak terasa 75 tahun sudah bangsa Indonesia merdeka. Semuanya tak terlepas dari perjuangan para pahlawan yang rela mati demi bangsa dan negara.

Tercatat dalam sejarah, hampir 350 tahun bangsa Indonesia dijajah oleh negara asing, suatu hal yang tidak bisa dilupakan begitu saja.

Begitu pula yang dilakukan oleh salah satu organisasi kemahasiswaan yaitu Dewan Pengurus Komisariat  Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (DPK GMNI) cabang Cirebon. (Selasa, 18/8/20) DPK GMNI FITK Cirebon mengadakan perlombaan dalam rangka memperingati HUT RI Ke-75 yang diikuti oleh anak-anak di Gg. Sibonem Desa Kepompongan Kec. Talun Kab. Cirebon.

Beragam jenis perlombaan yang diadakan seperti makan kerupuk, balap kelereng, memasukan paku kedalam botol, joget balon, dan bermacam lomba lainnya. Akan tetapi ada satu lomba yang menarik pada kegiatan ini, yaitu lomba menyanyikan lagu Indonesia Raya.

Bung (panggilan akrab) Malikul Arzak, selaku komisaris DPK GMNI FITK mengungkapkan, "Kegiatan lomba menyanyikan lagu Indonesia Raya, bertujuan mengajak para generasi muda khususnya anak-anak untuk menghargai jasa para pahlawan yang telah gugur dalam memperjuangkan kemerdekaan". Ungkapnya.


Bung Karno pernah berpesan, "Kita belum hidup dalam sinar bulan purnama, kita masih hidup dimasa pancaroba. Jadi tetaplah bersemangat elang rajawali".

Pesan dari Bung Karno tersebutlah yang juga menjadi penyemangat para anggota DPK GMNI FITK Cirebon dalam menularkan semangat Pancasila kepada para generasi muda dalam kegiatan tersebut.

"Seperti yang tertera dalam sila ke 3 yang menyatakan persatuan Indonesia, itulah salah satu kunci keberhasilan bangsa Indonesia terlepas dari jeratan Imperialisme bangsa asing." Ungkap Malikul Arzak.

DPK GMNI FITK Cirebon juga mengajak kepada seluruh masyarakat Indonesia, untuk merayakan hari kemerdekaan ini dengan tidak hanya sekedar ritual tahunan belaka. Tetapi harus diikuti dengan segenap jiwa dan raga sehingga menjadi warga negara yang cinta akan Tanah dan Airnya.

"Esensi dari hari kemerdekaan itu bukan hanya sekedar euforia, melainkan pengimplementasian Pancasila dalam kehidupan sehari-hari yang nantinya akan mewujudkan sosialisme Indonesia". Pungkasnya. (Fedrian)
Share:
Komentar

Berita Terkini