Harga Jahe Gajah Di Ciamis Dipasaran Rp. 18.000,00

Editor: Redaksi author photo


(jabarsatu.id), Ciamis  -  Jahe merupakan bahan tambahan untuk memasak maupun untuk dibuat menjadi jamu yang sangat berkhasiat bagi kesehatan.

Salah satunya jahe gajah atau dalam bahasa latin Zingiber Officinale, diketahui di daerah Ciamis Jawa Barat sekarang harga jahe berkisar diharga Rp. 18.000,00/kg  (Delapan belas ribu rupiah)  untuk diterima dipedagang pasar.

Sedangkan harga dari petani ke pengepul berkisar di harga Rp. 16.000,00/kg (enam belas ribu rupiah).

Menurut keterangan seorang petani jahe yang bernama H. Amir mengatakan, "kemarin panen jahe gajah dan menjualnya kepada pengepul dengan harga Rp. 16.000/kg, itupun bagi saya agak lumayan murah". Katanya.


Masih menurut H. Amir, "kalau kemarin-kemarin harga perkilonya dikisaran Rp. 18.0 00 itu dari petani ke pengepul tapi sekarang Rp. 18.000 itu diterima oleh pedagang dipasar", tambahnya.

Salah seorang pengepul yang bernama Ade mengatakan, "benar harga sekarang diterima Rp. 16. 000/kg dan dijual ke pihak pasar dengan harga Rp. 18.000/kg", katanya.

Dia menambahkan, "Menjual kepasar dengan harga Rp. 18.000/kg itu belum pengeluaran buat bensin dan lain-lain juga", tambahnya. (Enceng k)


Share:
Komentar

Berita Terkini