Ibadah Qurban Pererat Tali Silaturahmi Warga

Editor: Redaksi author photo

(Jabarsatu.id), Sindangkempeng - Pawartama (Paguyuban Warga Tanjakan Made) bersama ketua rt 01/ rw 01 Dusun Serangsari Desa Sindangkempeng Kec. Pancalang secara rutin menyelenggarakan penyembelihan hewan qurban.

Kali ini ada 1 ekor sapi, dan 5 ekor kambing yang telah disembelih dan didistribusikan dagingnya ke warga yang telah terdata.

Sebelum terbentuk Pawartama, biasanya warga melakukan penyembelihan hewan qurban di rumah masing-masing. Karena pendistribusian daging yang kurang merata maka setelah membentuk Pawartama langsung membuat panitia penyembelihan hewan qurban, sehingga teknis pelaksanaan dan pendistribusian daging hewan qurban jadi lebih teratur dan merata.

Meski masih ada saja warga yang ingin melaksanakan penyembelihan hewan qurban di rumahnya.

Saat dikonfirmasi oleh awak media jabarsatu.id, pengurus Pawartama yang juga sekaligus panitia pelaksanaan qurban, Maman Rachman, S. Pd. mengatakan, "alhamdulillah sudah di tahun ke empat pelaksanaan qurban ini berjalan, kepercayaan masyarakat untuk menitipkan pengurusan hewan qurbannya ke panitia semakin meningkat. Bahkan bukan hanya dari warga yang berdomisili di Dusun Serangsari saja, tapi juga dari warga perantau."

Sejak awal panitia penyembelihan hewan qurban sepakat bahwa seluruh bagian hewan qurban dibagikan secara merata, kecuali bagian kulit.


Untuk pendistribusian daging qurban pada awalnya hanya untuk warga RT. 01/ RW. 01 saja, namun di tahun sekarang distribusi sudah merambah keluar lingkungan. Walau masih sebatas kepada para ustad, para guru ngaji, pengurus jenazah serta imam musholla di lingkungan Desa Sindangkempeng.

"Ini merupakan salah satu bukti melimpahnya daging qurban akibat kepercayaan warga untuk menitipkan pengurusan hewan qurban kepada panitia meningkat." ungkap Maman Rachman, S. Pd.

Pawartama juga meluncurkan program baru yaitu tabungan qurban yang menargetkan akan ada 2 ekor sapi yang diqurbankan pada setiap idul adha. "Sampai saat ini sudah ada 42 orang peserta dengan iuran Rp. 100.000,- per bulan. Hal ini berarti setiap tahun ada 2 ekor sapi yang disembelih untuk 14 orang, sehingga untuk 42 orang peserta akan membutuhkan waktu selama 3 tahun. Mudah-mudahan program ini terus berlanjut untuk tahun-tahun berikutnya." pungkasnya. (Fadly Dz)
Share:
Komentar

Berita Terkini