Jatiwangi Art Factory Kembali Gelar Lomba Binaraga Antar Jebor "Jatiwangi Cup 2020"

Editor: Redaksi author photo

(Jabarsatu), Majalengka -  Pria-pria bertelanjang dada menenteng bongkahan genteng dengan enteng, mereka bergaya ala-ala sambil memamerkan otot-ototnya yang terbentuk alami karena pekerjaan. Ya, mereka bukan binaraga profesional yang tubuhnya sengaja dibentuk, melainkan para pekerja jebor di Jatiwangi, Majalengka. 

Jebor adalah sebutan bagi pabrik genteng tradisional, dimana ia merupakan tempat mencari penghasilan bagi warga sekitar Jatiwangi. Karena banyaknya pabrik genteng disana dan kualitasnya yang baik, Jatiwangi pernah menjadi sentra genteng terbesar tidak hanya seregional melainkan nasional.


Komunitas JAF (Jatiwangi Art Factory) menginisiasi untuk membuat sebuah ajang binaraga khusus bagi para pekerja jebor. Selain berfungsi sebagai hiburan bagi masyarakat sekitar, juga bertujuan dalam menanamkan kebanggaan akan identitas budaya tanah yang sudah melekat pada nama Jatiwangi. 

Kini tradisi tahunan itu kembali lagi Meski dalam kondisi pandemi, masih bisa menyaksikan bagaimana para pekerja jebor itu pamer otot, dan berbangga dengan identitasnya.

Komunitas Jatiwangi Art Factory bekerjasama dengan Museum Genteng Jatiwangi serta Paseduluran Genteng Jatiwangi kembali menggelar Turnamen Binaraga Antar Jebor "Jatiwangi Cup" pada tanggal 11 Agustus 2020 dapat disaksikan juga secara online di instagram, facebook, dan youtube @jatiwangiartfactory. (Aris Raharjo)
Share:
Komentar

Berita Terkini