Lebih dari “75 Lokasi” Layanan Rapid Test Covid-19 Lion Air Group

Editor: Redaksi author photo

(Jabarsatu.id), Jakarta - 15 Agustus 2020. Lion Air (kode penerbangan JT), Wings Air (kode penerbangan IW), Batik Air (kode penerbangan ID) member of Lion Air Group memberikan keterangan terbaru bahwa hingga kini menyediakan lebih dari “75 lokasi” yang mencapai 83 fasilitas layanan pelaksanaan uji kesehatan skrining awal dan cepat (Rapid Test Corona Virus Disease 2019 (Covid-19)) 

Bertepatan bulan ini pada momentum 75 Tahun Indonesia Maju, ketersediaan jumlah fasilitas tersebut merupakan bagian keseriusan Lion Air Group dalam upaya mempermudah perjalanan udara bagi penumpang Lion Air Group, meningkatkan tren dan permintaan bepergian menggunakan pesawat udara serta membantu pemulihan perekonomian serta pariwisata dalam negeri.


Penumpang Lion Air Group dalam mempersiapkan penerbangan pada waktu sekarang (saat ini) akan mendapatkan nilai lebih dengan kehadiran tempat atau lokasi layanan yang strategis, lebih praktis (tanpa batasan kuota pembelian), tanpa minimum transaksi, harga terjangkau, waktu operasional disesuaikan kebutuhan penumpang dan lebih mudah (tanpa banyak persyaratan).

Pelaksanaan Rapid Test Covid-19 berlaku husus penumpang yang mempunyai tiket pada penerbangan Lion Air Group. Untuk voucher Rapid Test Covid-19 dapat diperoleh secara langsung pada saat melakukan pembelian tiket (issued ticket) atau bagi penumpang yang sudah memiliki tiket pesawat Lion Air Group dan belum melaksanakan Rapid Test Covid-19, maka dapat membeli voucher Rapid Test Covid-19 dengan menunjukkan kode pemesanan (booking code) melalui sales channel seperti call center, kantor penjualan Lion Air Group,  www.lionair.co.id , www.batikair.com , agen perjalanan (tour and travel) dan lainnya. 

Rapid Test Covid-19 Lion Air Group dijalankan menurut pedoman protokol kesehatan. Setiap penumpang akan memperoleh surat keterangan hasil uji kesehatan Rapid dengan masa berlaku selama 14 hari sebagai salah satu kelengkapan dokumen penerbangan sebagaimana ketentuan yang masih berlaku.

Kehadiran jaringan layanan Rapid Test Covid-19 merupakan kerjasama dengan Klinik Lion Air Medika, Dompet Dhuafa Republika dan fasilitas kesehatan setempat. Periode hingga (15/ 08) menjangkau di Banda Aceh, Medan, Gunung Sitoli, Padang, Pekanbaru, Kota Batam, Bengkulu, Palembang, Kota Tangerang, Tangerang Selatan, Jakarta, Bogor, Cikarang, Bandung, Ciamis, Kendal, Semarang, Bantul, Sleman, Boyolali, Solo, Sidoarjo, Surabaya, Badung, Kupang, Maros, Makassar, Kendari, Manado, Banjarmasin, Bima, Mataram, Tarakan, Jambi, Balikpapan, Pontianak, Palangkaraya, Malang, Pangkalpinang, Ambon, Depok, Kulonprogo, Denpasar, Deli Serdang, Tanjung Pandan, Sikka-Maumere, penambahan di Manado, penambahan di Tarakan, Samarinda, Waingapu-Sumba serta mempersiapkan di Gorontalo, Toli-Toli, dan di kota-kota atau bandar udara-bandar udara lainnya.

Khusus di kawasan terpadu bandar udara, Lion Air Group telah menghadirkan layanan Rapid Test Covid-19 di Bandar Udara Internasional Hang Nadim, Batam, Kepulauan Riau (BTH); Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten (CGK); Bandar Udara Internasional Yogyakarta Kulonprogo (YIA); Bandar Udara Internasional Jenderal Ahmad Yani, Semarang, Jawa Tengah (SRG); Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Badung, Bali (DPS) dan Bandar Udara Internasional Sultan Hasanudin, Maros, Sulawesi Selatan (UPG).

Terbang Penuh Percaya Diri

Operasional penerbangan dan ketentuannya telah mengikuti rangkaian pedoman protokol kesehatan, berdasarkan standar operasional prosedur berlaku yang memenuhi aspek keamanan, keselamatan perjalanan udara (safety first) dengan didukung berbagai langkah termasuk kampanye keselamatan (Safe Travel Campaign) yang mengusung konsep #SafeTrip #SafeFlight #SafeHealth.


Untuk itu, menegaskan bahwa pilihan bepergian dengan pesawat udara adalah aman, selamat, nyaman. Dengan harapan utama penumpang dapat memulai perjalanan tanpa ragu-ragu (resume their journeys with confidence).

Komitmen Lion Air Group ialah memastikan kesehatan dan keselamatan pada penumpang, awak pesawat, teknisi, petugas layanan darat (ground handling) serta karyawan lainnya yang terkait, dalam pelaksanaan operasional penerbangan yang memenuhi unsur-unsur dimaksud agar tidak menyebabkan penyebaran termasuk Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

Selain upaya tersebut, juga ada sistem dan teknologi yang terpasang dan bekerja di dalam pesawat guna menjaga sirkulasi udara terjaga secara baik (sirkulasi udara yang segar di kabin diperbarui 20 hingga 30 kali dalam satu jam atau setiap dua hingga tiga menit). 

Melalui kemampuan High Efficiency Particulate Air (HEPA) filter atau penyaringan partikel yang kuat, efektif 99,9+% menghilangkan partikel seperti virus, bakteri dan jamur sebelum udara kembali didistribusikan (sirkulasi) ke kabin.


Sistem kerja HEPA menyaring serta membuat sirkulasi ulang dari kabin dan menyampurkannya dengan udara bersih dari luar pesawat. Sebagian udara yang berasal dari dalam dibuang ke luar kabin, sisanya dipompa melalui filter udara.

Peningkatan kegiatan kebersihan pesawat udara Lion Air Group secara berkala dengan metode Aircraft Exterior and Interior Cleaning (AEIC) yang dijalankan di pusat perawatan pesawat Batam Aero Technic (BAT) dan di berbagai basis bandar udara (base station) dimana pesawat Lion Air Group berada. (Redaksi)
Share:
Komentar

Berita Terkini