Makam Pangeran Raja Muhamad

Editor: Redaksi author photo

(Jabarsatu.id), Kab. Cirebon - Setiap tempat pasti mempunyai sejarah, disini saya akan menjelaskan sejarah mengenai makam Pangeran Raja Muhammad/Pangeran Luwung/Pangeran Luhung. Makam Pangeran Raja Muhamad atau yang lebih dikenal dengan sebutan Pangeran Luwung ini terletak di Desa Luwung Kecamatan Mundu Kabupaten Cirebon. 

Letak makamnya tidak terlalu jauh dari jalan Pantura Cirebon dan sangat mudah dijangkau dari berbagai wilayah dengan berbagai mcam kendaraan.

Juru kunci  disana bernama Rd. Ahmad Kosasih S.Pd.I. (Kamis, 6/8/2020) mengatakan, "Makam Pangeran Raja Muhammad memiliki visi dan misi. Visinya yaitu: Terwujudnya wisata religi untuk dijadikan tempat ziarah para kyai dan masyarakat umum. Misinya: Melestarikan cerita sejarah pangeran Luwung agar anak cucu kita mengetahui tentang sejarahnya tokoh penyebar agama islam ditanah jawa, melestarikan padepokan pemakaman Pangeran Raja Muhammad yang sudah masuk ke BPCB (Badan Pelestarian Cagar Budaya), melayani tamu yang datang apabila ingin mengetahui sejarah Pangeran Raja Muhammad, dan memandu tamu yang datang untuk berziarah.

pengunjung yang bernama Adit mengatakan, "Tiada lain berterima kasih dan bersyukur, karena adanya Pangeran Luwung kami warga Cirebon khususnya masih memeluk agama islam. Karena beliau orang alim, kami meminta barokah dari beliau, dan ini pun termasuk sejarah yang harus di ketahui oleh kalangan orang-orang serta kaum milenial khususnya warga Cirebon dan umumnya untuk indonesia ini."

"Hampir setiap malam jumat, terutama di malam jumat kliwon makam ini di penuhi oleh pengunjung yang dari berbagai macam daerah". Ujarnya. (Dimas)

Share:
Komentar

Berita Terkini