Mengembangkan Ekonomi Kerakyatan di Cilimus

Editor: Redaksi author photo
(Kiri, Plt Camat Cilimus, Maryanto, S.STP. M.Si. Kanan, Ida Farida, S.Sos. MM. Kasi Ekbang Kec. Cilimus)

(Jabarsatu.id), Cilimus - Cilimus merupakan salah satu kecamatan di Kabupaten Kuningan yang memiliki banyak potensi baik dari wisata alam, home industry, perdagangan barang dan jasa.

Seperti yang diungkapkan Plt Camat Cilimus yaitu Maryanto, S.STP. M.Si. yang ditemui di kantor Kecamatan Cilimus, "Dalam pemetaan di BAPPEDA kita itu masuk wilayah jasa perdagangan, maka dari itu harus ada wilayah yang diperdagangkan. Yaitu wisata alam kemudian dari ekonomi itu pasar dan home industri ekonomi kerakyatan", ungkapnya. 

"Untuk menunjang keberlangsungan industri rumahan, bahan baku merupakan faktor penting yang harus selalu tersedia. Tetapi nyatanya kesiapan bahan baku masih jadi kendala dalam mengembangkan usaha pengolahan rumahan". Ucapnya 

"Kecamatan Cilimus dengan potensi pertanian yang baik tetapi masih belum bisa memenuhi kebutuhan bahan baku untuk industri rumahan yang mana bisa mengembangkan ekonomi kerakyatan". Ujarnya.

Beliau juga menambahkan, "Kesiapan bahan baku lokal masih kurang, ubi singkong salah satunya, untuk memenuhi kebutuhan bahan baku home industry pengolahannya itu masih kurang, karena untuk olahan singkong keju itu tidak semua jenis singkong bisa digunakan", tambahnya. 

Masih menurut Plt Camat Cilimus yaitu Maryanto, S.STP. M.Si, "Untuk itu membuat pemetaan potensi pertanian di Cilimus bisa menjadi solusi untuk mempermudah meningkatkan produksi pertanian karena tiap tiap daerah fokus pada satu jenis yang bisa menjadi unggulan sehingga bisa memenuhi kebutuhan home industry di Cilimus".

"Inovasi desa juga diharapkan bisa mengembangkan industri rumahan, karena wilayah Kecamatan Cilimus yang potensial disemua sektor, agar dapat saling menunjang". Ungkapnya.

"Dari olahan makanan home industry, bagaimana caranya supaya bisa bertahan lama dan tampilan yang menarik, untuk pemasaran kita manfaatkan objek wisata, rumah makan dan kafe sehingga semua bisa terhubung ", kata Plt Camat Cilimus. 

Membentuk Bumdes bersama menjadi langkah lain yang bisa dijalankan untuk mengembangkan ekonomi kerakyatan yang mana nanti tiap produk dari petani atau hasil olahan home industry bisa terkordinir atau bisa dengan pihak ketiga, perusahaan yang sesuai dengan bidangnya untuk melakukan kemitraan dan memberikan pendampingan supaya bisa lebih berkembang.

"Kita menginginkan Cilimus itu sebagai wilayah perdagangan barang maupun jasa berbasis home industry", pungkasnya. (Fadly Dz)
Share:
Komentar

Berita Terkini