Peringati HUT RI ke-75, Pertamina Ajak Siswa Peduli Lingkungan

Editor: Redaksi author photo

(Jabarsatu.id), Indramayu, Memperingati Hari Ulang Tahun Republik Indonesia ke-75, Pertamina mengajak puluhan anak Sekolah Dasar (SD) melakukan kegiatan Sekolah Lingkungan yang dilaksanakan di pesisir pantai Desa Balongan.

Seluruh siswa yang terlibat dalam kegiatan sekolah lingkungan tersebut merupakan anak-anak yang berasal dari Blok 2 (dua) Desa Balongan, Kecamatan Balongan, Kabupaten Indramayu.

Pada kegiatan yang bertema "Pelangi Dalam  Saku" (Petualangan Mengelilingi dan Mengenal Lingkungan untuk Menjaga Desaku) ini, anak-anak diajak menjelajah alam melawati 6 pos, dimana pada setiap posnya anak-anak diberi edukasi tentang kepedulian lingkungan serta nasionalisme oleh tim CSR Pertamina RU VI Balongan yang bekerja sama dengan  Ikatan Remaja Balongan (IRBA).

Edukasi yang diberikan diantaranya penanaman mangrove yang berguna sebagai mencegah abrasi, pemilahan sampah organik dan anorganik, membuat kerajinan dari limbah kertas, pendidikan Pancasila, pembelajaran protokol pencegahan COVID-19, serta fun games.

Pendidikan tentang manfaat tanaman mangrove juga diajarkan salah satu mitra binaan Pertamina RU VI, Abdul Latif, yang merupakan seorang praktisi ahli mangrove dari Indramayu.

Unit Manager Communication, Relation & CSR Pertamina RU VI Balongan Cecep Supriyatna mengatakan, kegiatan sekolah lingkungan ini dilaksanakan sebagai upaya perusahaan dalam meningkatkan kepedulian masyarakat blok 2 Desa Balongan khususnya anak-anak untuk mulai sadar akan pentingnya lingkungan.

“Moment Hari Kemerdekaan ini sangat tepat kami jadikan sarana memotivasi anak-anak untuk cinta lingkungan, apalagi daerah tempat tinggal mereka adalah wilayah yang rawan terkena abrasi”, ujar Cecep.

Kegiatan sekolah lingkungan ini ternyata disambut antusias anak-anak yang mengikutinya. Salah satunya  Fuad Al Khahfi (9) yang merasa senang mengikuti setiap agenda acara. 

”Iya senang tadi belajar nanam mangrove sama  diajak main games”, ucap Fuad yang kini duduk di kelas 3 SD tersebut.

Selain untuk menciptakan generasi penerus yang cinta lingkungan, kegiatan ini juga diharapkan bisa memotivasi warga lainnya utk menjaga dan mencintai lingkungan di wilayah Kabupaten Indramayu. (Fathan Zhafar)
Share:
Komentar

Berita Terkini