Polresta Cirebon Merayakan HUT RI Ke-75 Dengan Membagikan Kaki Palsu

Editor: Redaksi author photo

(Jabarsatu.id), Cirebon - Dalam rangka merayakan HUT kemerdekaan RI, Polresta Cirebon membagikan kaki palsu kepada 10 orang penyandang difabel di Kabupaten Cirebon.

Donasi kaki palsu atas kolaborasi Polresta Cirebon dengan Kick Andy Foundation. Kaki palsu diberikan agar penyandang difabel dapat menjalani aktivitas normal seperti sedia kala, termasuk mencari nafkah bagi keluarga dan bersosialisasi dengan lingkungan.

Kapolresta Cirebon Kombes Pol. M. Syahduddi mengatakan, penyandang disabilitas memiliki hak untuk merdeka dari keterbatasan oleh karenanya, bersama Kick Andy Foundation mendonasikan kaki palsu.

"Di hari Kemerdekaan RI kami berusaha mewujudkan kehidupan yang merdeka bagi saudara-saudara kita penyandang disabilitas agar bisa beraktifitas kembali seperti sedia kala," ucap Syahduddi, Senin, (17/8/2020).

Syahduddi menuturkan, pemberian kaki palsu dapat meningkatkan kemandirian bagi penyandang disabilitas serta menjaga produktivitas untuk berkarya di tengah masyarakat dan keluarganya.

"Sehingga mereka bisa produktif kembali, bisa berkarya dan bekerja secara normal," ujarnya.

Salah seorang penerima kaki palsu asal Desa Budur Kabupaten Cirebon, Toton Hartono (54 tahun) yang kehilangan kaki kanannya sejak kelas 4 SD merasa gembira, karena aktivitas sehari-hari tidak bergantung lagi pada tongkatnya.

"Sudah puluhan tahun saya pakai tongkat, sekarang tidak lagi karena sudah punya kaki baru," ucapnya.

Bapak dari dua orang anak yang sehari-hari menjual nasi goreng ini mengatakan, beberapa tahun setelah kehilangan kaki kanannya akibat mesin penggiling padi sudah berupaya membeli kaki palsu namun, karena masalah ekonomi hal itu tidak pernah terwujud.

"Waktu itu masih harga Rp 3 juta, karena saya tidak punya uang dan ekonomi keluarga tidak menentu jadi pakai tongkat saja," tukasnya. (Fathan Zhafar)
Share:
Komentar

Berita Terkini