Santana Kesultanan Cirebon (SKC) Mengirim Surat Penolakan Penobatan

Editor: Redaksi author photo

(jabarsatu.id), Cirebon - Santana Kesultanan Cirebon (SKC) mengirim surat penolakan penobatan Luqman Zulkaedin sebagai Sultan Sepuh XV Keraton Kasepuhan. Surat tertanggal 31 Juli 2020 dengan nomor 001/SP-SKC/28/07/2020 itu ditujukan langsung kepada Luqman Zulkaedin dan Keluarga besar Almarhum PRA Arief Natadiningrat.

Di dalam isi surat tersebut pihaknya meminta dengan hormat kepada Luqman Zulkaedin beserta keluarga agar tidak melakukan penobatan tahta untuk menjadi Sultan Sepuh XV secara sepihak tanpa melalui proses musyawarah dan memperoleh dukungan dari keluarga besar keturunan Syekh Syarif Hidayatulloh atau lebih dikenal dengan nama Sunan Gunung Jati.

Ketua SKC, Rd. Heru Rusyamsi Arianataredja, yang mengaku generasi ke-7 Sultan Sepuh III ini menuturkan bahwa pihaknya ingin menyesaikan secara kekeluargaan melalui musyawarah dengan berpegang erat pada agama, intelektualitas, dan keilmuan serta. keguyuban.

"Namun, jika Luqman dan keluarga tidak berkehendak yang kami ajukan, maka kami akan melakukan deklarasi penolakan terhadap penobatan Luqman Zulkaedin sebagai Sultan Sepuh XV secara luas", tegas Heru, Rabu, (05/08/2020).

Heru menegaskan, siapapun yang memiliki garis nasab eyang Syarif Hidayatullah dipersilahkan mengajukan diri disertai pembuktian silsilahnya untuk diuji dan musyawarah dengan para ulama serta para sepuh pakar tata ningrat adat.

Sementara surat dari Keraton Kaprabonan nomor 258/Kr.Kpb/VII-04/2020, tanggal 30 Juli 2020, dengan perihal pelurusan sejarah trah Sunan Gunung Jati di Keraton Kasepuhan. dalam surat tersebut ditujukan kepada para wargi Keraton Kasepuhan, pini sepuh Keraton Kasepuhan dan Santana Kesultanan Cirebon.

Sultan Kaprabonan Cirebon, Hempi Raja Kaprabon, menyatakan poin di dalam surat tersebut bahwa, penerus Sultan Sepuh XIV tidak dapat diteruskan oleh puteranya, karena akan menjadi masalah yang berkepanjangan dari turunan punggel yang bukan keturunan Sunan Gunung Jati. (Redaksi)
Share:
Komentar

Berita Terkini