Sop Patin Yang Tak Boleh Terlewatkan

Editor: Redaksi author photo
(Rio, Pengelola Istana Sop Patin)

(jabarsatu.id), Kabupaten Cirebon - Ikan patin merupakan ikan yang tergolong satu spesies dengan lele. Ikan patin memiliki nama ilmiah Pangasius dan memiliki banyak jenis, yaitu jambal, humeralis, lithostoma, nasutus, polyuranodon, niewenhuisii. Ikan ini biasanya hidup di tepi sungai-sungai besar.

Seperti halnya di salah satu daerah Kabupaten Cirebon, di Jalan Nyi Ageng Serang No. 2 Sindang, Sindangjawa, Dukupuntang, Cirebon, terdapat Rumah Makan Istana Sop Patin. yang menyediakan menu khas ikan patin.


Saat menemui pengelola Istana Sop Patin, Rio (35) saat diwawancarai (Minggu, 2/08/2020) mengatakan, "Istana Sop Patin buka dari tahun 2008 hingga sekarang, disini menu sop patin yang diutamakan, walau ada menu lain berupa gurame dan sayur-sayuran".

Masih menurut Rio, "sehari menyiapkan ikan patin 50 kg, yang diambil dari petani sekitar rumah makan. Bekerja sama dengan satu orang petani, dan petani tersebut yang nantinya menampung dari petani-petani lain. Sehingga bisa mensejahterakan warga sekitar dan ada aktifitas lain yang menghasilkan".


"harga sop patin per porsi Rp. 17.000, dan untuk dibakar atau digoreng itungannya per ons Rp. 8.000 - 9.000, habis sekitar 50 kg/hari". Ujarnya.

"dimasa pandemi kemaren berasa sekali dampaknya, berkurang hingga 70 - 80% penurunan omsetnya. tapi tidak ada pengurangan karyawan, hanya di jadual masuk kerjanya". Rio Menambahkan.

(Pengunjung di Istana Sop Patin)

"Saat ini dimasa new normal sudah kembali seperti semula, dan alhamdulillah omset juga seperti dulu lagi normal kembali, karyawanpun juga sudah masuk seperti biasa, dengan jumlah karyawan 15 - 16 orang. Buka dari jam 9 pagi dan tutup jam 7 malem". tambahnya.

"di Istana Sop Patin bertema "makanan sehat", dengan beras menanam sendiri, ikannya juga dibersihkan dahulu dan tidak menggunakan penyedap rasa. intimya ingin mengenalkan makanan sehat di Istana Sop Patin". Pungkasnya. (Dul)
Share:
Komentar

Berita Terkini