Taman Jamali di Kabupaten Subang

Editor: Redaksi author photo

(jabarsatu.id), Subang - Bicara soal tempat wisata, Jawa Barat memang tak kalah dari daerah lainnya yang ada di Indonesia. Banyak destinasi wisata yang menarik dan ramai dikunjungi wisatawan lokal maupun mancanegara. Namun apakah ditengah wabah virus Covid-19 ini tempat wisata di Jawa Barat masih dapat dirasakan ? 

Salah satu contohnya adalah Taman Jamali atau Jamali Park, yang ada di desa Sukamandi, Kecamatan Sagalaherang, Kabupaten Subang.

Taman Jamali adalah objek wisata yang baru dibuka pada tahun 2019 lalu, diresmikan oleh pemerintah setempat. Walaupun baru dibuka, objek wisata ini sudah banyak menarik perhatian para pengunjung karena keindahan alamnya. Bahkan sempat menjadi lokasi syuting pembuatan lagu sunda oleh para penggiat musik dari tanah priangan.

Meski dalam kondisi pandemi seperti sekarang ini Taman Jamali masih dibuka untuk umum, dengan tidak meninggalkan protokol kesehatan yang dianjurkan pemerintah. Serta masih ramai dikunjungi oleh wisatawan lokal.

Untuk masuk ke Taman Jamali ini tidak dipungut biayaSelain daripada, karena sudah sibiayai oleh pemerintah desa Sukamandi. 

Menurut keterangan Dede Rahmat (Senin, 3/08/2020), ketua Lembaga Lemberdayaan Masyarakat (LPM) Desa Sukamandi, menuturkan, "bahwa dulunya Taman Jamali, adalah kebun pinus yang lebat milik tanah Desa Sukamandi yang tidak terawat. Tapi berkat kepala desa yang sekarang menjabat yaitu Bapak Agus Setiawan, mulai dibuka menjadi wisata desa untuk umum".

"Karena daerah Jamali ini tanahnya seperti bukit dan indah, dimana orang dapat menyaksikan pemandangan alam dan matahari yang ter benam (sunset). Akhirnya timbul ide untuk menjadikan daerah Jamali ini, sebagai tempat wisata yang berpotensi besar dalam memajukan perekonomian masyarakat". Ujarnya.

"Dengan dibukanya Jamali Park untuk umum, banyak masyarakat yang membuka kedai-kedai disekitar taman jamali. Sehingga masyarakat setempat dapat merasakan manfaat dari Jamali Park ini", ujar Dede Rahmat.

"Selain menyuguhkan wisata alam, Taman Jamali juga dapat dijadikan sebagai sarana edukasi dan rekreasi bagi anak-anak. Karena di Taman Jamali disediakan tempat bermain untuk anak-anak, sehingga mereka dapat bermain dan belajar dari alam". Pungkasnya. (Kang Muhtar)
Share:
Komentar

Berita Terkini