Tradisi Ngembang di Desa Cikeleng

Editor: Redaksi author photo


(jabarsatu.id), Kuningan - Tradisi merupakan ciri khas sebuah tempat, desa, kota maupun negara. Seperti tradisi di Desa Cikeleng, Kecamatan Japara, Kabupaten Kuningan ini ada sebuah tradisi disebut dengan “Ngembang” atau mengantarkan putra yang mau disunat untuk berziarah. Selasa (04/08/20).

"Biasanya acara ini digelar sehari sebelum  penyunatan dilakukan pada sang anak, dengan beziarah kepada makam sesepuh-sesepuh keluarga dan juga sesepuh desa atau bisa disebut dengan rama buyut", ujar bapak Surya. 

"Ngembang ini, merupakan bahasa daerah kami sendiri yang sudah melekat sejak lama. Dengan di iringi tabuhan genjring atau rebana, kami juga melakukan perjalanan ke makam para sesepuh dengan mobil kolbak sambil bermain genjring itu". ucapnya

"Acara ngembang ini ramai sekali oleh anak-anak kecil, seperti teman-teman dari anak yang disunat, mereka ikut mengiringi acara ngembang ini sebagai bentuk jiwa sosial mereka untuk saling menyemangati. Biasanya kami juga melakukan saweran uang untuk menghibur anak-anak juga dengan niat sodaqoh tentunya". Pungkasnya. (Adi Iswandi)


Share:
Komentar

Berita Terkini