Wakil Wali Kota Cirebon Mendukung Wacana Kemandirian Damkar

Editor: Redaksi author photo

(Jabarsatu.id), Cirebon - Wakil Wali Kota Cirebon, Eti Herawati mendukung wacana kemandirian Pemadam Kebakaran (Damkar) yang diusung sebagai tema utama rapat kerja DPD Asosiasi Pemadam Kebakaran Republik Indonesia (APKARI) Jawa Barat yang digelar di Kota Cirebon, Kamis (13/08/2020).

Eti menuturkan dari 27 kota dan kabupaten di Jawa Barat baru 12 daerah yang memiliki dinas pemadam kebakaran termasuk Kota Cirebon, maka dari itu Rakerda APKARI Jabar ini diharapkan mampu mendorong kemandirian Damkar.


“Fungsi pemadam kebakaran sangat penting selain menangani kebakaran banyak hal yang mereka tangani, maka perlu ada dinasnya,” katanya.

Eti juga mengucapakan terima kasih kepada DPD APKARI Jabar yang telah memilih Kota Cirebon sebagai tempat Rakerda.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Cirebon Adam Nuridin, mengungkapkan Rakerda DPD APKARI Jabar dihadiri perwakilan anggota yang berasal dari kota dan kabupaten di Jabar.

“Setelah Rakerda ini diharapkan seluruh daerah di Jabar memiliki dinas pemadam kebakaran,” ujarnya.

Sedangkan menurut Ketua DPD APKARI Jawa Barat, Sutarno Yono menjelaskan, tema kemandirian Dinas Damkar sengaja diambil untuk mendorong setiap daerah memiliki Dinas Damkar, apalagi angka potensi kejadian kebakaran masih cukup tinggi misalnya di Kabupaten Bandung 536 peristiwa kebakaran selama tahun lalu.

“Kami targetkan dalam beberapa pekan kedepan ada beberapa daerah yang memiliki dinas pemadam kebakaran sendiri,” pungkasnya. (Fathan Zhafar)
Share:
Komentar

Berita Terkini