Antisipasi Kebakaran Lahan Musim Kemarau Babinsa Harjamukti Gelar Kerja Bakti

Editor: Redaksi author photo

Cirebon, - Dalam rangka menciptakan lingkungan yang sehat dan bersih diwilayah binaan, Serka Abdul Hadi Babinsa Kelurahan Harjamukti bersama Bhabinkamtibmas dan warga RW 07 Pelandakan melaksanakan kerja bakti membersihkan sampah disepanjang jalan Alfalah, Minggu, (13/09/20).

Selain pembersihan sampah, rumput dan belukar yang kering juga dibabat sekaligus dibakar guna menghindari kebakaran yang dipicu oleh cuaca yang panas serta tiupan angin yang cukup kencang. Pelaksanaan kerja bakti juga dijadikan sarana sebagai silahturahmi dan Komsos dengan warga binaan.

Danramil 1402/Cirebon Selatan Kapten Arm Toto menyampaikan dimusim kemarau saat ini perlu diwaspadai kemungkinan bahaya kebakaran serta kekeringan, sehingga Babinsa jajaran Koramil 1402 ditekankan untuk mengantisipasi kejadian menonjol di wilayahnya khususnya yang disebabkan musim kemarau.

"Dengan pemetaan potensi bencana yang mungkin dapat terjadi akibat kemarau panjang, diharapkan mampu meminimalisir kerugian dan pemberian bantuan yang dibutuhkan oleh masyarakat" tambah Danramil.
Seperti diketahui, terhitung 1 Juli 2020, Gubernur Jawa Barat mencanangkan waspada bencana alam kekeringan seiring musim kemarau. Selain itu, ada ancaman kebakaran lahan yang kerap terjadi setiap tahunnya

Sementara menurut Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Kertajati memprediksi puncak kemarau di Wilayah III Cirebon, terjadi pada September 2020. (KF-21)
Share:
Komentar

Berita Terkini