Kegiatan Seminar Ekonomi Kreatif KNM-T UNMA di Desa Cingambul

Editor: Redaksi author photo

(Jabarsatu.id), Majalengka - Ekonomi kreatif atau industri kreatif telah bergulir selama 10 tahun terakhir ini, dan selalu hangat dibicarakan baik oleh pemerintah, swasta maupun pelaku sendiri. 

Dengan adanya kegiatan tersebut, merupakan salah satu cara untuk mengembangkan potensi desa. Yang dimana mahasiwa KNM-T UNMA melakukan pemgembangan potensi desa di desa Cingambul, Kecamatan Cingambul, Kabupaten Majalengka. Seperti meningkatkan peran aktif masyarakat dalam pengambilan keputusan dan lain sebagainya. 

Menurut keterangan Ridwan salah seorang peserta KNM-T UNMA mengatakan, "disini juga kami menjelaskan kepada masyarakat, untuk meningkatkan ekonomi di desa Cingambul ini supaya dapat memiliki penghasilan tambahan bagi keluarga. Dengan cara seperti home industri, peternakan dan pertanian". Katanya, (kamis,03/09/2020).

Berangkat dari persoalan tersebut serta sebagai wujud antisipasi generasi muda-mudi Indonesia khususnya mahasiswa, peserta tematik KNM-T UNMA tahun 2020 mengadakan seminar ekonomi kreatif dengan tema "pengembangan potensi desa berbasis ekonomi kreatif". 

Sebagai wujud kepedulian mahasiswa terhadap masyarakat umum, yang dilaksanakan pada hari Selasa, 25/08/2020.

Tujuan dari kegiatan tersebut adalah, untuk meningkatkan peran aktif masyarakat dalam mengambil keputusan pembangunan secara terbuka. Mengembangkan peluang usaha dan berusaha demi peningkatan pendapatan dan kesejahteraan rumah tangga miskin, dan masih banyak tujuan lainya. 

Masih menurut Ridwan mengatakan, "semoga dengan diadakannya seminar ekonomi kreatif ini mampu menjadikan desa Cingambul mandiri dalam bidang ekonomi, dan bumdes sebagai katalis perekonomian masyarakat". 

Kami berharap masyarakat bisa ikut andil dalam perkembangan home industri yang telah berjalan hari ini, dengan cara mengikuti perkembangan zaman. 

Dengan dihadiri karangtaruna, kami berharap pemuda desa Cingambul tergerak mengembangkan potensi desa seperti budidaya buah naga dan potensi wisata relegi gunung Bungbulang", pungkasnya. 

"kami ucapkan banyak terimakasih, kepada pemerintahan desa Cingambul dan seleuruh elemen masyarakat yang telah menerima dan banyak berkontribusi terhadap kegiatan KNM-T UNMA di Desa Cingambul tahun 2020". Ujarnya.

Bagi kami pemerintahan desa Cingambul, mempunyai keinginan memajukan potensi desa guna mensejahterakan masyarakat. Semoga dengan diadakannya seminar ini menjadi awal kemajuan desa", Pungkas Ridwan. (Enceng k)
Share:
Komentar

Berita Terkini