Wisata Petik Jeruk di Ciamis Bisa Nyicip Sepuasnya

Editor: Redaksi author photo

Ciamis, -  Potensi wisata Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, memang tak ada habisnya. Bagi yang belum menentukan tempat berwisata akhir pekan, anda bisa berkunjung ke Wisata petik jeruk di Ciamis. Pengunjung boleh menyicip jeruk sepuasnya langsung dari pohonnya.

Wisata petik buah ini berada di blok Ladur, Cisinduk, Desa Janggala, Kecamatan Cidolog Ciamis. Meski baru mengenalnya belakangan ini, namun tempat ini sudah banyak pengunjungnya. Baik dari Ciamis, Tasikmalaya, Banjar sampai Majalengka. Karena memang wisata petik buah untuk wilayah Ciamis masih terbilang jarang.

Sejak bulan Agustus kemarin, Wisata Petik Jeruk Ciamis ini mulai menjadi perbincangan. Tempat ini mulai terkenal dan viral sejak banyak pengunjung yang mengunggah fotonya ke berbagai media sosial. Namun wisata ini ada hanya setahun sekali dari bulan Agustus sampai 2 atau 3 bulan saat musim panen.

Sehingga pengunjung yang saat ini belum sempat ke lokasi sekarang-sekarang ini, maka harus menunggu bulan Agustus tahun depan. Jadi, mumpung masih musim panen datang pada minggu-minggu ini. Karena pada akhir September siapa tahu sudah keburu habis. Hampir setiap hari tak kurang dari 30 orang  berkunjung ke kebun jeruk Ladur ini.

Wisata Petik Jeruk Ciamis ini terdapat 1.300 pohon pada lahan seluas 400 meter persegi. Pengunjung bisa leluasa memetik sendiri jeruk dan menikmatinya langsung. Pada pintu masuk, pengelola langsung memberi keranjang dan gunting sebagai sarana untuk petik jeruk.

Namun kalau mau bawa pulang jeruknya harus beli. Jeruk hasil memetik bisa langsung membelinya. Harga per kilogramnya Rp 12 ribu untuk ukuran sedang dan Rp 15 ribu untuk ukuran besar. 

Rasa pun sangat istimewa, hampir masing-masing pohon menghasilkan jeruk yang manis, segar dan legit. Tak jarang pengunjung yang bisa menghabiskan sampai 4 butir saat berkunjung.

Bagi yang mau berkunjung ke lokasi ini, berikut petunjuk jalan yang bisa menjadi gambaran agar tidak nyasar. Pengunjung harus memakai kendaraan pribadi untuk ke lokasi, bisa roda dua atau roda empat.  Bagi yang berasal dari perkotaan Ciamis, ketika sampai persimpangan terminal Cimaragas ambil jalur ke Cidolog dengan jarak tempuh sekitar 30 menit dari pusat kota.

Kemudian terus menyusuri jalan Cidolog sampai ke kantor Kecamatan Cidolog. Dari patokan itu masih harus lurus sekitar 1 kilometer, nanti ada sebuah SPBU mini (POM mini) sebelah kiri jalan. Dari patokan itu, pengunjung langsung belok kiri masuk ke jalan yang agak kecil, lurus sekitar 2 kilometer maka akan sampai ke tujuan kebun jeruk.
Salah seorang pegawai yang bernama Ani Kusdiar mengatakan, "Alhamdulillah sekarang jeruk berbuah sangat lebat, meski sudah panen tapi masih banyak. Wisata Petik Jeruk di Ciamis baru ini, bisa nyicip jeruk sepuasnya. Tidak ada tiket masuk. Kalau pulangnya bisa beli oleh-oleh jeruk untuk orang rumah,” katanya. Sabtu (12/9/2020).

"Benih kebun jeruk ini berasal dari Garut, namun karena lokasinya yang pas, rasanya menjadi lebih istimewa. Makanya jeruk Cidolog ini sudah beredar ke berbagai daerah. Kini menjadi lokasi Wisata petik jeruk Ciamis yang baru satu-satunya menawarkan bisa menyicipi sepuasnya, "tambahnya. (V-15)
Share:
Komentar

Berita Terkini