Zona Merah Di Kota Cirebon, Kemendagri Berikan Bantuan Kepada Satpol PP

Editor: Redaksi author photo

Cirebon, - Jumlah zona merah akibat Covid-19 di Kota Cirebon terancam bertambah oleh karena itu Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Cirebon mendapat bantuan masker dan hand sanitizer dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) yang disalurkan melalui Direktorat Satpol PP dan Perlindungan Masyarakat.

Bantuan diserahkan oleh Direktur Satpol PP Kementerian Dalam Negeri, Berthard kepada Sekretaris Daerah Kota Cirebon, Agus Mulyadi yang dihadiri oleh Kepala Satpol PP Jawa Barat.

Berthard mengatakan pemberian bantuan masker dan hand sanitizer didasarkan rasa prihatin karena banyak laporan bahwa banyak petugas Satpol PP yang terus berjuang memberikan edukasi kepada masyarakat tentang bahaya Covid-19 akan tetapi para personil tersebut tidak dilengkapi dengan alat pelindung diri yang layak.

“Maka kami turun ke daerah untuk memberikan motivasi kepada rekan-rekan Satpol PP yang menjadi garda terdepan dalam penangan Covid-19,” katanya saat memberikan sambutan, Kamis (17/09/2020).

Berthard menuturkan penyerahan bantuan masker dan hand sanitzer oleh Direktorat Satpol PP Kementerian Dalam Negri untuk di Jawa Barat diberikan kepada Satpol PP Kota Cirebon, Kabupaten Cirebon dan Satpol PP Pemprov Jabar. 

“Penyerahan bantuan juga akan dilakukan di Jawa Tengah dan Jawa Timur, dengan tujuan memotivasi anggota Satpol PP,” tuturnya.

Terkait indeks kepatuhan masyarakat, kata Berthard anggota Satpol PP di daerah terus melaporkan setiap hari dan untuk indeks kepatuhan masyarakat memakai masker di Jawa Barat baru mencapai 26 persen atau kategori sedang. 

“Maka tak heran angka positif Covid-19 di Jabar masih tinggi sebab indeks kepatuhannya juga kurang,” ujarnya.

Berthard menambahkan kepada setiap daerah agar segera merampungkan Peraturan Daerah (Perda) tentang penanganan Covid-19 yang salah satu isinya memberikan sanksi kepada masyarakat yang tidak taat terhadap protokol kesehatan. 

“Apalagi ada 270 daerah yang melaksanakan Pilkada Serentak, maka masalah Perda ini agar jadi perhatian,” tambahnya.
Sementara itu, Sekda Kota Cirebon, Agus Mulyadi mengucapkan banyak terimakasih atas bantuan masker dan hand sanitaizer yang menandakan komitmen Pemerintah Pusat dan Pemprov Jabar masih sangat tinggi dalam melawan Covid-19. 

“Bantuan ini sangat membantu dan semoga menjadi motivasi bagi anggota Satpol PP di Kota Cirebon,” tukasnya. (KF-21)
Share:
Komentar

Berita Terkini