Aksi Peduli Lingkungan, FPL Ciamis Gotong-royong Pungut Sampah

Editor: Redaksi author photo
CIAMIS - Aksi peduli lingkungan untuk membangkitkan kembali nilai gotong-royong di tengah masyarakat dilakukan Forum Peduli Lingkungan (FPL) Kabupaten Ciamis, Jawa Barat.

Dalam kegiatan tersebut, FPL melakukan aksi peduli lingkungan dengan memungut sampah yang berada dalam selokan, Minggu (18/10/2020). Lokasinya sekitar Bank Sampah Sakola Motekar, Desa Sukajadi, Kecamatan Sadananya, Kabupaten Ciamis.

Aksi peduli lingkungan bersih-bersih sampah juga masih dalam rangkaian kegiatan Hari Sumpah Pemuda. Sehingga, aksi kali ini melibatkan beberapa komunitas motor dan kalangan pemuda Ciamis yang meliputi GMC, Formacis, serta Balad Galuh Ciamis.

Selain melakukan gotong-royong pungut sampah, ada juga beberapa agenda dalam aksi peduli lingungan kali kali ini. Seperti pengenalan lingkungan, pemilahan sampah, dan handmade dari sampah.

Para pemuda dan pemudi yang ikut serta dalam kegiatan tersebut tampak bersemangat memungut sampah dari selokan. Kemudian mereka kumpulkan dalam sebuah karung yang nantinya akan dipilah di Bank Sampah Sakola Motekar.

Ketua FPL Kabupaten Ciamis, Dian Soleh, mengatakan, aksi peduli lingkungan ini bekerjasama dengan Sakola Motekar dan Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup (DPRKPLH) Kabupaten Ciamis.

“Memang ini dalam rangkaian Hari Sumpah Pemuda, namun nanti juga pas hari H kami ingin melaksanakan sama kegiatan aksi peduli lingkungan ini. Mudah-mudahan forum peduli lingkungan ini tetap istiqomah dan konsisten melaksanakan apa kewajibannya. Juga menyadarkan masyarakat akan pentingnya kebersihan lingkungan,” terangnya.

Menurut Dian, kesadaran masyarakat akan nilai-nilai gotong-royong saat ini sudah berkurang. Padahal itu adalah ruh masyarakat, ajaran Pancasila sila ke tiga, yaitu Persatuan Indonesia.

“Maka dari itu, kami ingin menyadarkan kembali tentang nilai-nilai dan ajaran tersebut. Karena, bagaimana pun Indonesia adalah bangsa yang mempunyai ideologi dasar negara, yang mempunyai pandangan bangsa. Yaitu Pancasila dan gotong-royong adalah salah satunya,” tuturnya.

Pihaknya berharap, melalui aksi yang melibatkan beberapa komunitas pemuda ini, bisa kembali menyadarkan masyarakat akan pentingnya gotong-royong membersihkan lingkungan.

“Jangan hanya mengandalkan sejumlah uang untuk membantu, tapi aksi terjun langsung bersama-sama itu akan menjadikan nikmat tersendiri bagi kita semua,” harap Dian.

Sementara itu, Kepala Desa Sukajadi, Emo Suherlan, sangat mengapresiasi kegiatan aksi peduli lingkungan dari FPL Kabupaten Ciamis. Pasalnya, aksi sosial seperti ini merupakan kegiatan yang positif. Terlebih ini melibatkan kalangan pemuda.

“Kami sangat senang dengan adanya aksi ini. Setiap Minggu juga Sakola Motekar sering melakukan kegiatan yang positif, jadi bukan kali ini saja. Jadi saya sangat mengapresiasi yang sebesar-besarnya kepada Sakola Motekar dan Forum Peduli Lingkungan Ciamis, serta DPRKPLH Ciamis,” ucap Emo. (RC-10)
Share:
Komentar

Berita Terkini