Aparat Dan Warga Membersihkan Areal Banjir di Garut

Editor: Redaksi author photo


GARUT, -  Banjir dan longsor wilayah selatan Garut yang diakibatkan meluapnya beberapa sungai di Garut diantaranya sungai Cipalebuh, sungai Cikaso, Sungai Cibera kecamatan Cibalong, dan Sungai Cipasarangan kecamatan Cikelet.

Wilayah yang terdampak luapan sungai di kecamatan Pameungpeuk adalah Kampung Cibarani Desa Paas kampung Bintara desa Sinarbakti, kampung Punaga desa Mandalakasih, kampung Bojong desa Bojong, kampung Sukapura desa Mandalakasih, dan kampung Mancagahar desa Mancagahar. 

Kapolsek Pameungpeuk Garut AKP Dedin Permana. S.H mengatakan, "Terdapat 2 rumah warga yang hanyut terbawa arus, di kampung Bintara RT. 13 RW. 03 Desa Sirnabakti atas nama Bapak Atep dan bapak Taufik. Dan untuk fasilitas umum yang rusak/Terdampak diantaranya Jembatan Lewinanggung dan Jembatan Kasakambangan" katanya. Senin, (12/10/2020).
Untuk kecamatan Cibalong yang terdampak diantaranya adalah desa Karyasari, desa Sagara dan desa Mekarwangi. Dan untuk fasilitas umum, di kecamatan Cibalong yang rusak/terdampak adalah Jembatan Rawayan. Selain itu kecamatan Cikelet juga mengalami hal yang sama yaitu di kampung Cijambe desa Cijambe. 

Karena musibah terdebut beberapa akses Jalan Terganggu Dikarenakan material longsor menutupi jalan. 

"kami dari pihak aparat keamanan dan pemerintah turun ke lokasi kejadian untuk membantu warga membersihkan material yang berserakan, "imbuhnya. 

" Untuk kronolgis kejadian adalah karena hujan dengan intensitas sedang hingga deras dari pukul 23.00 wib yang mengakibatkan meningkatnya debit air sehingga pada pukul 04.30 wib air meluap kepemukiman warga. "pungkasnya.

Dia menyampaikan air mulai surut sekitar pukul 08.00 wib pagi, warga dan relawan masih melakukan pembersihan material banjir yang masih tersisa.

"Untuk kebutuhan yang mendesak diantaranya adalah Sembako, Air Mineral, Alat kebersihan, Alat tidur (tikar, kasur, selimut) dan Dapur Umum. Sementara untuk titik pengungsian berada di kantor Kecamatan Pameungpeuk, Kantor Koramil, Kantor Polsek dan Kantor Pemerintah/Wilayah Aman Lainnya". Jelas Kapolsek Pameungpeuk. (BW-01 & RC-10)
Share:
Komentar

Berita Terkini