Gubernur Jabar Beri Penghargaan 8 ASN Terpilih sebagai Pegawai Berkinerja Terbaik

Editor: Redaksi author photo
BANDUNG, - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil memberikan penghargaan kepada delapan Aparatur Sipil Negara (ASN) dari berbagai instansi di lingkungan Pemerintah Daerah Provinsi Jabar sebagai Pegawai Berkinerja Terbaik Bulain Ini (Employee of the Month) edisi kedua bulan Agustus 2020. 

Atas kinerja dan keteladanannya, kedelapan ASN ini mendapatkan piagam penghargaan, piala bergilir, tunjangan kinerja, dan menghadiri makan siang bersama gubernur dalam seremoni yang berlangsung di Gedung Pakuan, Kota Bandung, Jumat lalu (16/10).

Ridwan Kamil mengatakan, pegawai berkinerja terbaik bulan Ini merupakan salah satu inovasi Pemda Provinsi Jabar dalam meningkatkan dan mengapresiasi kinerja para ASN.

“Dari ribuan tentu yang berikhtiar bekerja, bapak/ibu (Employee of The Month) terpilih sebagai insan yang terbaik dan tentunya ini adalah kebahagiaan,” ungkapnya.

Kepada pegawai berkinerja terbaik bulan ini, Ridwan Kamil berpesan agar intens meniatkan bekerja untuk ibadah, dan bermanfaat bagi masyarakat Jabar. Penghargaan, kata ia, jangan menjadi tujuan utama dalam bekerja maupun melayani masyarakat. 

“Bagi ASN yang belum mendapatkan penghargaan, semangat bekerja jangan menurun. karena sudah bersumpah menjadi ASN yang bertugas melayani masyarakat dan tolong sampaikan juga ke ASN lain bahwa kita terus berinovasi,” jelasnya. 

Ia menilai tugas ASN pada masa depan akan dinamis seiring dengan berkembangannya teknologi yang dapat menyelesaikan tugas-tugas rutin. Oleh karena itu, ia meminta para ASN di Jabar untuk terus berinovasi dan beradaptasi dengan tugas-tugas yang dinamis. 

"Jabatan di masa depan adalah jabatan yang dinamis. pegawai berkinerja terbaik bulan Agustus pun telah menyelesaikan tugas-tugas yang dinamis, mengelola ketidakpastian, mengelola sebuah SOP (Standar Operasional Prosedur) supaya dipatuhi, dan lain sebagainya," katanya. 

Sementara itu Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jabar Setiawan Wangsaatmaja menjelaskan, ada empat tahap seleksi dalam pemilihan pegawai berkinerja terbaik. Selain itu, ASN yang mendaftar semakin banyak setiap bulannya. 

Untuk pegawai berkinerja terbaik bulan Agustus, terdapat 46 ASN dari Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) yang mendaftar. Kemudian, 346 ASN dari Jabatan Administrasi, 975 ASN dari Jabatan Pengawas, 1.737 ASN dari Jabatan Fungsional, dan 6.300 ASN dari Jabatan Pelaksana, ikut mendaftar.

“Employee of The Month ini memang salah satu yang menjadi tradisi dan terobosan di Jabar. Semua yang masuk dalam Employee of The Month, kita catat dalam Talent Management dan Jawa Barat sedang menyusun namanya Talent Management, di mana mereka ini adalah kandidat, kalau terus berprestasi, salah satu pengisi jabatan untuk yang berikutnya,” imbuhnya.

Setiawan menjelaskan, pegawai berprestasi yang dinilai setiap bulan adalah para pegawai yang memiliki pekerjaan tidak rutin. Artinya, mereka adalah pegawai yang melaksanakan pekerjaan yang bersifat dinamis. Salah satunya bertugas sebagai fasilitator pengadaan tanah.

Setiawan berharap, dengan adanya Employee of The Month, para ASN di lingkungan Pemda Provinsi Jabar dapat meningkatkan produktivitas, kreativitas, dan melahirkan prestasi serta inovasi.

Kepala Seksi Perencanaan Pengadaan Tanah Dinas Perumahan dan Permukiman Jabar Isma Andini, salah satu pemenang Pegawai Berkinerja Terbaik Bulan Ini, mengatakan, penghargaan tersebut memicu dirinya untuk terus berinovasi dan meningkatkan kinerja. 

“Kami para ASN ini bekerja ada atau tidak ada penghargaan, kami tetap bekerja. Itu adalah suatu pengabdian karena itu sudah menjadi janji dari seorang abdi negara,” kata Isma. 

Sebagai fasilitator pengadaan tanah, Isma kerap menghadapi tantangan di lapangan terlebih dalam hal pembebasan lahan. 

"Kalau kami mengikuti sesuai aturan, tahapan demi tahapan dan tidak bermain-main. Insyaallah semua yang menjadi pekerjaan kita akan selesai dengan baik,” tukasnya. (KF-28)
Share:
Komentar

Berita Terkini