Hampir 1 Hektar Tanah Bergerak Oleh Fenomena Likuifaksi

Editor: Redaksi author photo
KEBUMEN - Fenomena Likuifaksi atau tanah bergerak, tidak tanggung-tanggung tanah yang seolah bergerak mencapai 1 hektar. Dari kejadian tersebut tidak ada korban jiwa, hanya 2 (dua) keluarga terdiri dari 7 orang harus dievakuasi ketempat aman. Peristiwa Likuifaksi terjadi di desa Grenggeng, Kecamatan Karanganyar Jawa Tengah (Kamis, 29/10/20).

Menurut Sutijo selaku ketua RT 5 RW 4 Desa Grenggeng mengatakan, "fenomena likuifaksi, menimpa rumahnya dan salah satu warga lain yaitu Rajiman. Pergeseran tanah tersebut terjadi secara bertahap, awalnya bergerak sedikit pada hari Selasa lalu. Kemudian diperparah dengan adanya pergerakan tanah sore kemarin dan malam tadi.
Ketua RT 5 RW 4 Desa Grenggeng Sutijo mengatakan, kejadian tersebut menimpa rumahnya dan satu warga lain yaitu Rajiman. Proses terjadinya secara bertahap. Dimana awalnya bergerak sedikit pada Selasa lalu namun belum parah. Kemudian diperparah adanya pergerakan tanah pada kemarin sore dan malam tadi.

Sementara itu Eri Listiawan selaku Kepala Desa Grenggeng mengatakan, "mengaku, telah mengevakuasi warganya ke mushola terdekat yang lebih aman. Pihaknya telah melaporkan kejadian tersebut pada Muspika setempat dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kebumen Jawa Tengah. (DK-892)
Share:
Komentar

Berita Terkini