Kodim 061 Bersama Pihak Terkait Gelar Apel Siaga Bencana Jelang Musim Penghujan

Editor: Redaksi author photo
MAJALENGKA - Komando Distrik Militer (Kodim) 0617/Majalengka siagakan ratusan personelnya untuk siaga bencana sepanjang musim penghujan tahun ini.

Dandim 0617/Majalengka, Letkol Inf Andik Siswanto mengatakan, pihaknya telah memiliki prosedur tetap (protap) sebagai langkah antisipatif tanggap bencana. Siaga petugas ini dalam arti sebelum dan setelah terjadi kebencanaan.

"Namun, pencegahan terus dimassifkan, tapi jika ada kejadian kami siap melakukan penyelamatan maupun evakuasi," Ungkap Dandim Letkol Inf Andik Siswanto, pada saat menggelar apel Kesiapsiagaan Penanggulangan Bencana Alam di Wilayah Kodim 0617/Majalengka, bertempat lapangan makodim setempat, (Jumat, 23/10/2020).
Sementara itu, menurut Dandim, apel kesiapsiagaan penanggulangan bencana alam tersebut, dilaksanakan bertujuan untuk menunjukkan kepada masyarakat bahwa Kodim bersama dinas terkait telah siap menghadapi bencana alam yang terjadi.

"Meski wilayah di Kabupaten Majalengka relatif aman, kita harus tetap waspada mengingat bencana alam sulit untuk diprediksikan," Ujarnya.

Dandim juga mengingatkan kepada warga masyarakat Majalengka, saat ini sudah memasuki musim penghujan, bahkan curah hujan mulai relatif tinggi dan ini perlu diwaspadai bersama. Karena, ada beberapa daerah di wilayah Kabupaten Majalengka yang rawan longsor.

"Saya harap dengan kesiapan kita menghadapi bencana, dapat meminimalisir kerugian personel maupun materil," Harapnya.
Pada kesempatan tersebut Letkol Inf Andik Siswanto memimpin apel Kesiapsiagaan Penanggulangan Bencana Alam di Wilayah Kodim 0617/Majalengka dan dihadiri sejumlah perwira dan personel Kodim 0617 Majalengka.

Selain itu, hadir pula Wakapolres Majalengka Kompol Sumari, Kabag Ops Polres Majalengka, Kompol Pardede, Kabid Trantib Pol PP Majalengka, Wawan AS, Kasi Dalops Dishub Majalengka, Ahem, Kabid Tanggap Bencana, Haryono dan Dinkes Majalengka, H Maman. 

Apel gelar kesiapan diikuti 185 orang, terdiri dari 75 orang Kodim 0617/Majalengka, 25 orang Polres Majalengka, 15 orang BPBD Kab. Majalengka, 10 orang Dishub Majalengka, 10 orang Satpol PP, 8 orang Dinkes Majalengka, 10 orang Damkar Majalengka, 7 orang PMI Kab. Majalengka, 10 orang Dinas PUTR Kab. Majalengka, 10 orang Polhut Kab. Majalengka dan 5 orang TNGC Kab. Majalengka. (KF-22)
Share:
Komentar

Berita Terkini