Pangdam III/Siliwangi Menutup Program TMMD ke-109

Editor: Redaksi author photo
TASIKMALAYA - Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) adalah salah satu program TNI untuk membantu pemerintah dalam percepatan pembangunan khususnya di pedesaan dan daerah tertinggal.

Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto mengatakan, Selama 1 bulan sejak 22 September 2020, prajurit bersama pemerintah daerah dan segenap komponen masyarakat bahu membahu menyelesaikan program TMMD ke-109 yang ada di wilayah Kodam III/Siliwangi.
"Kebersamaan merupakan sinergitas positif dalam mengatasi berbagai permasalahan bangsa, termasuk membantu Pemda mempercepat pembangunan di daerah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat", ujarnya, saat menutup TMMD ke-109 tahun 2020 bertempat di Kantor Desa Mekarsari Kabupaten Tasikmalaya, Rabu, (21/10/2020).

Pihaknya menyebutkan program TMMD ke-109 tahun 2020 di wilayah Kodam III/Siliwangi dilaksanakan di 4 lokasi yaitu di wilayah Kodim Tasikmalaya, Kodim Indramayu, Kodim Bogor dan Kodim Pandeglang.
"Telah berhasil mengerjakan program fisik berupa pembukaan jalan poros desa, pembangunan jalan, pengerasan jalan, pembuatan bahu jalan, pembuatan parit jalan, pembuatan PJU, pembangunan rutilahu, drainase, gorong-gorong, rehab masjid dan mushola, MCK serta Posyandu", terangnya.

Ia menambahkan untuk pencapaian program non fisik berupa penyuluhan bela negara, wawasan kebangsaan, hukum dan kamtibmas, lingkungan hidup dan kehutanan, pertanian, peternakan, perikanan, KB Kesehatan, bahaya narkoba, pemberdayaan UMKM, kampung KB, pembuatan kartu pencari kerja serta 10 program PKK.
"Apa yang telah dilakukan oleh prajurit TNI ini dapat membantu masyarakat, terutama dibidang ekonomi dan apa yang telah dibangun melalui program TMMD ke-109 ini agar dijaga dan dipelihara sehingga masa pakainya dapat lebih lama," harap Pangdam.

Usai resmi menutup TMMD ke-109 tahun 2020, Pangdam III/Siliwangi mengunjungi lokasi TMMD dan meresmikan jalan dengan menandatangani prasasti dilanjutkan dengan pengecekan jembatan hasil TMMD. (KF-29)
Share:
Komentar

Berita Terkini