Petani Bingung Pupuk Bersubsidi di Ciamis Langka

Editor: Redaksi author photo
CIAMIS, - Pupuk subsidi menghilang, dari peredaran di kabupaten Ciamis, Jawa Barat. Akibatnya para petani yang sudah mulai menggarap sawahnya kebingungan, apalagi saat ini sudah masuk musim tanam.

Anwar, petani di Desa Cijulang, Kecamatan Cihaurbeuti, Kabupaten Ciamis, mengungkapkan, dirinya kelimpungan mencari pupuk subsidi di wilayahnya.

“Biasaya saya beli di agen-agen yang sudah ditunjuk di Cihaurbeuti, tapi sekarang sulit, tidak ada pupuk subsidi yang tersedia,” katanya, Kamis (8/10/2020).

Anwar bahkan sampai mencari ke wilayah Indihiang, Kota Tasikmalaya. “Saya sangat butuh sekali, karena sekarang sudah musim tanam,” tambahnya.

Wakil Ketua BPD Desa Cijulang, Kecamatan Cihaurbeuti, Wahyu, mengaku, sudah ada puluhan petani yang datang dan mengadu perihal langkanya pupuk subsidi di Ciamis.

Dia mengatkan "Saya sangat mengharapkan Dinas Pertanian Ciamis, bisa memperhatikan nasib para petani ini. Sebagai Dinas yang memiliki tugas sebagai sektor pengawasan, jangan sampai pupuk subsidi langka. Pupuk ini sangat penting bagi petani,” katanya.

“Percuma saja petani ini punya uang, kalau pupuknya tidak ada, mereka bingung juga,” ucapnya.

Saat ini, menurut Wahyu, harga pupuk subsidi sekitar Rp 90 ribu untuk 50 Kg atau satu karung. “Memang harganya belum naik, tapi mereka yang ingin membelinya harus memperlihatkan kartu tani,” katanya.

Wahyu melanjutkan, apabila petani tidak bisa menunjukkan kartu tani, harga pupuk akan dijual lebih mahal. “Mudah-mudahan saja langkanya pupuk subsidi bukan karena adanya penimbunan,” kata Wahyu.

Pupuk subsidi di Ciamis bukan hanya langka di daerah Kecamatan Cihaurbeuti, Peri Haryanto, warga Kecamatan Pamarican juga mengeluhkan hal yang sama.

Peri mengaku sudah berkeliling ke wilayah Ciamis sampai ke wilayah perkotaan. Namun, ia tak menemukan pupuk subsidi.

“Sama di Pamarican juga tidak ada pupuk subsidi. Saya bahkan sampai nyari ke kota (Ciamis), tapi juga nggak nemu. Bingung juga kalau gini, saya sedang butuh pupuk banyak,” ungkap Peri.

Sementara itu, Dinas Pertanian Kabupaten Ciamis, sampai berita ini diunggah belum menanggapi menghilangnya pupuk subsidi di sejumlah wilayah di Ciamis. (RC-10)
Share:
Komentar

Berita Terkini