Rumah Warga Cigayam Ciamis Dekat Bantaran Sungai Terancam

Editor: Redaksi author photo
CIAMIS, - Tingginya intensitas curah hujan yang terjadi beberapa hari terakhir, membuat debit air Sungai Ciputrahaji di Desa Cigayam, Kecamatan Banjaranyar, meningkat. Hal itupun menyebabkan terjadinya gerusan tanah di bantaran sungai.

Salah satu titik bantaran sungai yang tergerus air tersebut berada di Dusun Purwasari, RT 005 RW 004, Desa Cigayam, Kecamatan Banjaranyar, kabupaten Ciamis, Jawa Barat.

Dampak dari kejadian tersebut mengakibatkan beberapa rumah warga terancam oleh gerusan tersebut.Bahkan jaraknya kini semakin mendekat.

Ujang Heryadi (56), salah satu pemilik rumah, mengaku was-was dengan kondisi saat ini. Apalagi ketika curah hujan yang terjadi seperti beberapa hari belakang ini.

“Mau tidur juga takut, khawatir jika rumah saya hanyut terbawa banjir. Apalagi tanah dekat rumah saya sering ambruk. Pokoknya, jika hujan besar, saya langsung pergi ngungsi ke rumah tetangga yang rumahnya jauh dengan sungai,” ujarnya, (Selasa, 06/10/2020).

Warga lainnya yang bernama Tohaji menjelaskan, "rumah warga yang terdampak dari tergerusnya tanah di bantaran Sungai Ciputrahaji kini mencapai 6 KK (Kepala Keluarga). Semuanya, berada di Blok Gadok Dusun Purwasari, Desa Cigayam".

“Warga sudah menyampaikan masalah ini, melalui Pemerintahan Desa Cigayam kepada Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Citanduy. Sayang hingga saat ini belum ada tanggapan ataupun realisasi,” terangnya.

Tohaji juga berharap, Pemerintah Daerah Kabupaten Ciamis bisa membantu untuk menyampaikan usulan dan harapan masyarakat kepada BBWS Citanduy. (RC-10)
Share:
Komentar

Berita Terkini