Tanggul Sungai Citeras di Cisaga Ciamis Jebol dan Mengakibatkan Sawah Terendam

Editor: Redaksi author photo
CIAMIS, -  Hujan deras mengguyur wilayah Kabupaten Ciamis, Jawa Barat hampir setiap hari. Kondisi ini membuat tanggul Sungai Citeras di Desa Danasari, Kecamatan Cisaga, jebol akibat tergerus oleh derasnya volume air sungai tersebut.

Tanggul tersebut jebol pada Kamis (14/10) pagi. Akibatnya 1,5 hektar area persawahan terendam air sungai. Sawah tersebut baru selesai masa panen dan kini warga belum bisa menggarap sawahnya.

Adun (51) warga setempat mengatakan tanggul Sungai Citeras yang jebol panjangnya sekitar empat meter. Tanggul yang terbuat dari tanah itu tergerus oleh derasnya volume air setelah hujan  pada malam hari. Warga mengetahui jebolnya tanggul pada pagi hari, saat melihat sawahnya sudah terendam air.

“Tanggulnya jebol. Untungnya sawah sudah panen jadi tanaman padi tidak ada yang terendam. Kalau kejadian ini terjadi beberapa hari sebelumnya pasti tanaman ikut terendam,” ungkapnya.

Adun mengatakan saat ini para petani belum bisa menggarap lahannya. Karena tanggul harus diperbaiki terlebih dulu. Karena saat terjadi hujan pasti air sungai akan kembali meluap dan merendam area persawahan.

“Sekarang warga bergotong royong memperbaiki tanggul Sungai Citeras yang jebol. Menggunakan karung agar air tidak masuk ke sawah saat volume air sedang naik,” ucapnya.

Anggota Tagana Ciamis Tantan Arisyanto membenarkan adanya tanggul sungai yang jebol. Tagana langsung membantu warga memperbaiki tanggul jebol tersebut menggunakan karung berisi tanah. Beruntung dalam kejadian ini air tidak sampai merendam permukiman warga.

“Tanggul Sungai Citeras yang jebol akan langsung mendapat perbaikan, secara darurat pakai karung berisi tanah. Agar petani bisa kembali menggarap sawahnya,” pungkasnya. (RC-10)
Share:
Komentar

Berita Terkini