Target PAD Ciamis Sektor Wisata Terancam Meleset

Editor: Redaksi author photo
CIAMIS, - Dampak pandemi Covid-19 saat ini berpengaruh besar pada target PAD atau Pendapatan Asli Daerah Pemkab Ciamis, Jawa Barat. Dampak tersebut dirasakan oleh sektor pariwisata yang PAD-nya menurun dratis, dan kemungkinan tahun 2020 ini akan meleset dari perkiraan. Hal tersebut diungkapkan Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Ciamis, H. Wasdi (Minggu, 11/10/2020).  

Wasdi menerangkan, "target PAD tahun 2020 untuk instansi yang ia pimpin adalah sebesar Rp 1,2 miliar rupiah, target sektor pariwisata tersebut berasal dari retribusi karcis. Melihat capaian tersebut, Wasdi pesimis PAD untuk tahun 2020 ini akan tercapai. Jika melihat sudah mau akhir tahun, kami baru mencapai PAD dalam angka kisaran 40 persen,” katanya.

Menurut Wasdi, "melesetnya target PAD untuk tahun 2020 ini adalah karena pandemi virus Corona. Covid-19 ini sangat berpengaruh terutama pada sektor pariwisata yang mana beberapa bulan kemarin objek wisata Ciamis tutup sementara".

“Pada awal pandemi, objek wisata tutup total selama 3 bulan baik untuk pengujung atau wisatawan lokal maupun luar daerah,” imbuhnya.

Wasdi menambahkan, "meskipun objek wisata sudah mulai buka, namun PAD dari sektor pariwisata tidak akan mencapai target".

"Pasalnya, pemerintah membatasi pengunjung objek wisata. Sebab, khawatir dan takut akan menimbulkan kerumunan, yang menyebabkan munculnya klaster baru penyebaran Covid-19". Imbuhnya.

“Walaupun sekarang objek wisata sudah buka, namun ada pembatasan pengunjung ke objek wisata. Yakni, terutama untuk warga yang luar Jawa Barat, yang belum bisa boleh masuk,” pungkasnya. (RC-10)
Share:
Komentar

Berita Terkini