BPN Serahkan Sertifikat Tanah Kepada Warga Majalengka Melalui Program PTSL 2020

Editor: Redaksi author photo
MAJALENGKA - Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Majalengka bekerja sama dengan Pemkab Majalengka membagikan sertifikat tanah untuk warganya. Hal tersebut sebagai realisasi program Pendaftaran Tanah Sistematik Lengkap (PTSL) guna memberikan kepastian hukum dan perlindungan hukum hak atas tanah masyarakat.

Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Majalengka Dedi Purwadi mengatakan, program PTSL ini merupakan program strategis nasional yang bertujuan memberikan kepastian hukum dan hak atas tanah masyarakat.

"Dengan berlandaskan asas sederhana, cepat, lancar, aman, adil, merata dan terbuka sehinggga dapat meningkatkan kesejahteraan dan kemakmuran masyarakat serta mengurangi sengketa dan konflik pertanahan", ungkap Dedi, Senin, (9/11/20).

Dedi menjelaskan, untuk di Kabupaten Majalengka target Program PTSL ini sebanyak 40.000 sertifikat yang harus diberikan kepada masyarakat di Kabupaten Majalengka.

"Hari ini secara simbolis akan dibagikan sebanyak 14.000 sertifikat PTSL tahun 2020 untuk beberapa lokasi. diantaranya Kecamatan Cikijing sebanyak 1 Desa, Kecamatan Talaga sebanyak 17 Desa, Kecamatan Maja sebanyak 16 Desa, dan Kecamatan Lemahsugih sebanyak 11 Desa.

Dedi mengaku untuk saat ini tersisa 13.000 sertifikat siap cetak dari total 40.000 sertifikat, Ia pun optimis di akhir tahun ini program PTSL sudah rampung dan bisa dibagikan ke masyarakat di Kabupaten Majalengka.

Sementara itu, Bupati Majalengka Karna Sobahi mengatakan, salah satu tugas pemerintah baik itu Pusat maupun Daerah adalah memberikan pelayanan kepada masyarakat, bahkan yang dilakukan saat ini merupakan bentuk kongkrit pelayanan kepada warga.

“Atas nama Pemerintah Daerah Majalengka, saya selaku Bupati sangat mengapresiasi dan mendukung program-program BPN berupa penyerahan sertifikat tanah serta program lainnya yang dapat memudahkan masyarakat dalam pembuatan sertifikat,” ucap Bupati.

Bupati menambahkan, program PTSL yang sudah cukup lama ini digulirkan sangat berguna untuk masyarakat Majalengka apalagi ada kepastian hukum dan ada nilai ekonomis untuk kesejahteraan masyarakat Majalengka sehingga pada gilirannya mampu mewujudkan visi Majalengka Raharja.

“Saya berharap seluruh tanah di Kabupaten Majalengka itu bersertifikat termasuk aset Pemda, saya akan langsung membagikan Sertifikat PTSL ini ke masyarakat per Kecamatan", ujarnya.

Bupati pun memastikan, dengan adanya sertifikat gratis dalam bentuk program PTSL ini kepemilikan masyarakat terhadap tanah bisa terjamin hak kepemilikannya. 
"Saya menghaturkan terimakasih kepada Kepala BPN Kabupaten Majalengka yang telah memberikan sertifikat kepada masyarakat dan diharapkan masyarakat dapat memanfaatkannya dengan sebaik-baiknya,” pungkas Bupati.

Dalam kesempatan tersebut dihadiri Wakil Bupati, Sekda, Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Majalengka beserta jajarannya, Unsur Forkopimda, Staf Ahli Bupati, Asisten Daerah Kabupaten Majalengka, para Camat, serta para penerima sertifikat tanah. (KF-22)
Share:
Komentar

Berita Terkini