Januari 2021, 180 Ribu Vaksin Covid-19 Akan Distribusikan di Kota Cirebon

Editor: Redaksi author photo
CIREBON - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Cirebon, menyatakan kesiapannya untuk membantu pendistribusian vaksin covid-19, adapun jumlah pendistribusian sebanyak 180.000 vaksin dari pemerintah pusat ke Pemerintah Kota Cirebon.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Cirebon Edy Sugiarto mengatakan dari jumlah 180.000 vaksin diutamakan untuk vaksinasi usia 18 hingga 59 tahun dengan syarat tidak ada penyakit penyerta atau komorbid.

“Tidak ada komorbid karena untuk mengurangi efek samping dan vaksin ini bukan obat, hanya untuk mendorong pembentukan kekebalan tubuh", ujar Edy, Sabtu, (21/11).

Adapun pendanaan vaksin ini, lanjut Edy, berpusat pada keputusan provinsi, yakni sebanyak 30 persen untuk warga tidak mampu akan didahulukan tanpa biaya dan tenaga kesehatan dan 70 persen lainnya dianjurkan untuk melakukan vaksinasi secara mandiri.

“Jumlah 30 persen kita utamakan kepada tenaga kesehatan terlebih dahulu, tapi nanti juga menyasar orang-orang yang mampu bayar sendiri,” ucapnya.

Pihaknya menegaskan untuk pemberian vaksin nanti tetap menerapkan protokol kesehatan 3M (mencuci tangan, menjaga jarak dan memakai masker). Selain itu, tarif harga untuk satu kali vaksinasi Rp 250.000 untuk dua kali suntik. serta akan dilaksanakan secara serentak pada Januari 2021 di Jawa dan Bali.

“Saat ini pemerintah terus berupaya menangani dan mencegah wabah Covid-19. Bahkan diinfokan Januari 2021, vaksin sudah bisa didistribusikan. Namun tiga minggu sebelum pendistribusian, pemerintah harus sudah bersiap-siap, termasuk Pemkot Cirebon,” pungkas Edy. (KF-21)
Share:
Komentar

Berita Terkini