Siswa SMA Ikuti Joy Sailing Bea Cukai Cirebon Diatas Kapal Patroli BC 7002

Editor: Redaksi author photo
CIREBON - Sebanyak tujuh belas orang terdiri dari dua belas siswa dan lima guru pendamping yang berasal dari beberapa SMA di Kota Cirebon dan Kabupaten Kuningan mengikuti kegiatan Joy Sailing Bea Cukai Cirebon, Rabu, (4/11).

Kepala Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean C Cirebon, Encep Dudi Ginanjar menjelaskan, kegiatan ini dilaksanakan diatas kapal patroli BC 7002 milik Pangkalan Sarana Operasi Bea Cukai Tanjung Priok yang sedang melaksanakan patroli di perairan Cirebon.

Menurutnya, Joy Sailing kali ini mengangkat tema 'Kenali Lebih Dekat Tugas dan Fungsi Bea Cukai, Bersama Membangun Bangsa', adapun kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan instansi Bea Cukai kepada para siswa. selain itu, salah satu tugas Bea Cukai adalah melindungi masyarakat Indonesia dari masuknya barang-barang ilegal.
Dalam sambutannya di atas Kapal Patroli 7002, Encep Dudi Ginanjar menyampaikan ucapan selamat datang dan terimakasih atas keikutsertaan para siswa dan guru pendamping dalam kegiatan ini. 

"Bea Cukai sebagai institusi dibawah Kementerian Keuangan memiliki fungsi yang luas, tidak hanya seperti yang kita lihat di acara televisi di pelabuhan dan airport saja" ucapnya.

Ia juga menyebut Bea dan Cukai juga memiliki fungsi diantaranya, Trade Facilitator, Industrial Assistant, Comunity Protector dan Revenue Collector, serta melayani ekspor dan impor.

"Selain itu Bea Cukai juga melayani pengembangan industri yang bertujuan meluaskan investasi dan penyerapan tenaga kerja melalui pemberian fasilitas kepabeanan dan melindungi masyarakat dari barang larangan dengan melaksanakan pengawasan di pelabuhan, airport maupun kantor pos," ungkapnya.
Pada kesempatan tersebut, para peserta diajak merasakan langsung naik kapal patroli yang diharapkan dapat memberikan gambaran secara lebih mendalam mengenai tugas dan fungsi Bea Cukai dan para peserta juga diberikan pemahaman mengenai kapal patroli sekaligus melihat secara langsung bagian-bagiannya.

"Dengan adanya kegiatan Joy Sailing diharapkan dapat memberikan gambaran bagi para siswa mengenai Bea Cukai dan tugas fungsinya", pungkasnya. (KF-21)
Share:
Komentar

Berita Terkini