ASN di Lingkup Setda Kuningan Terpapar Covid-19

Editor: Redaksi author photo
(Prokompim, Maman Nurachman)

KUNINGAN - Hasil tes Swab Anti Gen Covid-19 yang dilakukan oleh Labkesda Dinas Kesehatan Kabupaten Kuningan beberapa waktu lalu. Diketahui Aparatur Sipil Negara (ASN) dilingkungan Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Kuningan terkonfirmasi positif Covid-19. 

Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan (Prokompim), Maman Nurachman, membenarkan sejumlah pegawai di lingkup Setda dinyatakan positif Covid-19 berdasarkan hasil Swab Anti Gen yang dilakukan tim medis dari Labkesda dan swab secara mandiri.

“Ya benar memang ada sejumlah pegawai yang dinyatakan positif Covid-19, kini mereka masih ada yang menjalani isolasi mandiri dirumahnya masing-masing dan semuanya dalam keadaan sehat tanpa adanya keluhan, namun banyak juga yang sudah sembuh,” ujar Maman, Sabtu (19/12/2020).

Maman menjelaskan, terpaparnya sejumlah ASN tersebut bukan saat bertugas, tetapi penularannya diluar jam dinas kantor dengan berbagai aktivitas mereka.

Sejak diketahui informasi terpaparnya ASN tersebut, pihak Pemkab melalui Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Kuningan langsung melakukan langkah penangulangan sesuai standar penanganan Covid-19.

“Satgas langsung bergerak cepat melakukan penanganan Covid-19 dengan melakukan 3T (Tracking, Testing, Treatment), dan melakukan penyemprotan desinfektan di seluruh lingkungan Setda", ungkapnya.

Selain itu, kata Maman, pihaknya melakukan isolasi terhadap pegawai yang terpapar dan memberikan obat, vitamin, serta melakukan pengecekan berkala.

Meski diketahui adanya ASN yang terpapar Covid-19 dilingkungan Setda, pihaknya memastikan pelayanan publik tetap dilaksanakan dengan lebih ketat dalam menerapkan protokol kesehatan 3M (Memakai masker, Menjaga jarak, Mencuci tangan) kepada setiap pegawai dan tamu yang datang.

“Pelayanan tetap dilaksanakan serta penerapan WFH (Work From Home)yang sifatnya proporsional saja sesuai kondisi, karena mengingat, pelayanan kepada masyarakat tetap harus berjalan,” tuturnya.
Selanjutnya Maman berharap, dengan kejadian tersebut, seluruh ASN di lingkungan Pemkab Kuningan diminta lebih waspada dan hati-hati terhadap penyebaran Covid-19 yang masih berlangsung. 

Pihaknya juga mengimbau kepada masyarakat Kuningan tetap patuh menjalankan protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah guna memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

“Tetap patuhi dan jalankan protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah, jaga kesehatan dengan makan makanan yang bergizi, istirahat serta olahraga dengan teratur agar imunitas tubuh tetap terjaga dengan baik, itu semua adalah kunci untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 dan jangan lupa berdoa memohon kepada Allah SWT agar Covid-19 ini segera berakhir,” tandasnya. (KF-23)
Share:
Komentar

Berita Terkini