Bupati Kuningan Keluarkan Surat Edaran Kesiapsiagaan Hadapi Bencana Hidrometeorogi

Editor: Redaksi author photo
KUNINGAN - Bupati Kuningan, Acep Purnama telah mengeluarkan surat edaran melalui Camat se-Kabupaten Kuningan tentang Kesiap Siagaan menghadapi bencana Hidrometeorologi Tanah Longsor, Pergerakan Tanah dan Banjir di Kabupaten Kuningan.

Surat edaran tersebut menjelaskan dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika ( BMKG) terkait prakiraan awal musim hujan La Nina di Kabupaten Kuningan yakni, di bulan November, Desember dan diprediksi akan terus meningkat intensitasnya terutama sampai pada bulan April 2021.

Bupati Kuningan Acep Purnama berpesan kepada Camat untuk meneruskan himbauan surat edaran ini kepada Kepala Desa dan Lurah di wilayah kerjanya masing-masing dengan melakukan tindakan preventif pencegahan sebagai upaya pengurangan risiko bencana dan kesiapsiagaan menghadapi musim penghujan tahun 2020-2021.

Sementara itu, Kepala Pelaksana BPBD Kuningan, Indra Bayu mengatakan, sesuai dengan prediksi dan prakiraan cuaca dari BMKG, bahwa curah hujan di bulan desember akan ada peningkatan.

“Ini adalah fase awal peningkatan curah hujan. dan di bulan Januari sampai April 2021 curah hujan akan terus meningkat," Ujarnya, Senin, (21/12/2020).
Pihaknya menjelaskan berdasarkan data yang diterima hingga tanggal 19 Desember 2020 di wilayah kabupaten Kuningan, sudah terjadi beberapa kejadian bencana yang tercatat dan terlaporkan ke Pusdalops PB yakni, ada 23 kejadian bencana, jika di rata-rata setiap hari ada kejadian bencana.

“Atas dasar hal tersebut kami menghimbau kepada seluruh masyarakat, untuk selalu waspada dan berhati-hati terutama di wilayah rawan bencana dan memperhatikan point-point yang ada dalam Surat Edaran bupati," pungkasnya. (KF-23)
Share:
Komentar

Berita Terkini