DPD PPNI Ciamis Meminta Warga Suport Nakes Yang Jalankan Tugas

Editor: Redaksi author photo
CIAMIS - DPD PPNI Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, meminta masyarakat memberikan support kepada tenaga kesehatan (nakes) yang tengah menjalankan tugas.

Hal itu seiring dengan banyaknya nakes yang terpapar Covid-19, saat menjalankan tugasnya dalam melakukan penanganan penyebaran virus Corona di Kabupaten Ciamis.

Kondisi tersebut membuat banyak pihak merasa prihatin, termasuk juga dirasakan oleh DPD Persatuan Perawat Seluruh Indonesia (PPNI) Ciamis.

“Mereka para perawat yang terpapar Covid-19, merupakan anggota organisasi DPD PPNI Kabupaten Ciamis. Sehingga kami terus melakukan suport kepada seluruh nakes, untuk tetap menjalankan tugasnya dengan baik. Bagi para nakes yang terpapar, supaya bisa menjalankan isolasi dengan baik bagi kesembuhan,” ungkap Ketua DPD PPNI Ciamis, H. Acep Joni Heriyanto S.Sos. S.Kep. Ners. MM. (Selasa, 22/12/2020).

Ia juga mengatakan, "setiap kali ada nakes yang terpapar Covid-19 jelas menjadi pukulan berat bagi pihaknya sebagai profesi perawat. Namun, hal itu tidak menjadikan patah semangat bagi semua perawat dalam menjalankan tugasnya."

"Saat ini dari data yang ada di DPD PPNI Ciamis, sekitar 33 orang nakes masuk daftar terpapar Covid-19. Mereka ada yang bertugas di RSUD, Puskesmas, dan juga klinik. Peran nakes yang terpapar bisa melakukan isolasi mandiri Itu juga kalau ada tempatnya, seperti di rumah ada ruangan tersendiri. Namun bagi yang tidak ada bisa ditempatkan di RSUD Ciamis. Itu guna menghindari paparan terhadap keluarga, terlebih bagi mereka yang memiliki anak kecil,” ujarnya.

Atas kejadian ini, DPD PPNI Ciamis tidak henti-hentinya memberikan semangat terhadap para nakes, supaya dalam menjalankan tugasnya selalu mentaati protokol kesehatan. Tak lupa juga gunakan APD lengkap, serta asupan makanan seperti vitamin.

“Hal itu terus kita ingatkan melalui grup WhatsApp, dan juga bantuan bagi para nakes yang terpapar,” imbuhnya.

Menurut Acep, memang sangat berat perjuangan yang tenaga kesehatan dalam melakukan upaya penanganan Covid-19 ini. Akan tetapi nakes tidak boleh menyerah, meski taruhannya bisa terpapar.

Karena itulah, pihaknya meminta kepada warga masyarakat Kabupaten Ciamis untuk selalu patuhi protokol kesehatan serta menjalankan 3M dengan baik. Pihaknya berharap paparan Covid-19 di Ciamis segera berakhir.

“Makanya mari bersama-sama tidak hanya kami dari nakes, namun masyarakat juga turut berperan dalam melakukan penanganan. Tetap patuhi protokol kesehatan dan 3M, karena kalau sudah ada yang terpapar maka bukan pekerjaan mudah bagi kami dalam melakukan penanganan,” kata Acep.

Pihaknya juga meminta kepada seluruh warga masyarakat Ciamis, untuk memberikan support terbaik bagi para nakes yang sekarang menjalankan tugas. Juga bagi nakes yang terpapar supaya segera pulih dan bisa menjalankan tugasnya kembali. (RC-10)
Share:
Komentar

Berita Terkini